Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mulai Rilis HarmonyOS untuk Ponsel pada Desember 2020

Kompas.com - 10/11/2020, 14:39 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Pada September lalu, Huawei telah resmi memperkenalkan HarmonyOS 2.0. Versi beta dari sistem operasi ini kabarnya akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Menurut President of Huawei Consumer Business Software, Wang Chenglu, HarmonyOS 2.0 SDK (software development kit) versi akan beta mulai tersedia pada tanggal 18 Desember mendatang.

Baca juga: Huawei Resmikan Sistem Operasi HarmonyOS 2.0 untuk Smartphone

Sementara, Chenglu mengatakan bahwa sistem operasi HarmonyOS 2.0 rencananya bakal digunakan di perangkat smartphone Huawei pada awal tahun 2021.Huawei tidak menyebutkan secara rinci fitur apa saja yang hadir pada HarmonyOS 2.0.

Namun, raksasa China itu sempat mengklaim bahwa HarmonyOS 2.0 membawa peningkatan dari segi keamanan, sistem pendeteksi suara, dan kemampuan transfer data lintas perangkat yang lebih cepat.

Selain smartphone, HarmonyOS 2.0 juga akan digunakan di perangkat lain seperti PC, smartwatch, smart speaker, smart TV, tablet, hingga head unit yang terpasang di dalam mobil.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (10/11/2020), Huawei berharap Harmony OS sepenuhnya menjadi OS open source pada Agustus 2021.

Baca juga: Huawei Pastikan Smartphone dengan OS Harmony Meluncur Tahun Depan

Seperti yang dikatakan oleh Senior Vice President Public Affair Huawei, Joy Tan, faktor keamanan menjadi salah satu keunggulan HarmonyOS.

Menurut Tan, OS Harmony memiliki lebih sedikit baris kode, namun tingkat keamanannya lebih baik dibandingkan OS mobile yang ada saat ini. HarmonyOS dan ekosistem HMS Ecology juga disebut tetap menjadi prioritas pengembangan Huawei.

Karena telah putus hubungan dari Google, Huawei kini menggunakan Android versi open source (AOSP) di ponselnya, dengan Huawei Mobile Services (HMS) untuk menggantikan ekosistem layanan dan aplikasi Google.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com