Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Xbox Series X Keluar Asap, Microsoft Angkat Bicara

Kompas.com - 13/11/2020, 10:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Eurogamer

KOMPAS.com - Konsol game teranyar dari Microsoft, Xbox Series X dan Series S, resmi dirilis pada 10 November lalu. Baru beberapa hari dirilis ke publik, konsol game tersebut sudah diterpa kabar miring.

Salah satunya adalah video yang beredar luas di internet di mana dalam video tersebut, sebuah Xbox Series X terlihat mengeluarkan asap. Video tersebut lantas memunculkan anggapan bahwa Xbox teranyar ini terlalu panas hingga berasap.

Namun, usut punya usut, asap yang keluar dari konsol tersebut ternyata bukan disebabkan oleh overheat, melainkan berasal dari vape atau rokok elektrik yang ditiupkan pengguna.

Awalnya, pengguna di dalam video tersebut ternyata meniupkan asap dari rokok elektrik (vape) yang ia tiup ke bagian bawah ventilasi udara Xbox Series X. Sehingga, asap bisa keluar dari bagian atas ventilasi udara dan terkesan seperti kasus overheating.

Baca juga: Selisih Harga Rp 3 Juta, Ini Bedanya Xbox Series X dan Series S

Akun Twitter tak resmi @XboxStudio mengatakan bahwa video tersebut merupakan sebuah trik. Ironisnya, banyak pengguna yang kemudian meniru trik tersebut.

Menanggapi hal ini, Microsoft pun angkat bicara. Perusahaan memberi peringatan agar pengguna tidak melakukan trik tersebut karena berbahaya.

Hal ini bisa jadi untuk menghindari kerusakan mesin atau komponen hardware yang ada di dalamnya. Terlebih lagi, kerusakan ini bisa saja menyebabkan kasus overheating yang sesungguhnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Eurogamer, Jumat (13/11/2020), konsol Xbox Series X sendiri sebelumnya memang sempat diserang beragam rumor overheating.

Beberapa pengulas (reviewer), seperti Ken Bogard dan Jeff Bakalar, bahkan sempat mengaku bahwa konsol tersebut cepat panas ketika dipakai untuk memainkan sejumlah game.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S

Tanpa membantah kabar tersebut, pihak Xbox menjelaskan bahwa Xbox Series X bakal bekerja untuk mengurangi panas berlebih melalui sirkulasi udara yang ada, sama seperti Xbox One X dan konsol game lain pada umumnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eurogamer


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com