Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program YouTube Rewind Dipastikan Absen Tahun Ini

Kompas.com - 13/11/2020, 16:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Sejak 2010, YouTube memperkenalkan YouTube Rewind. Program khusus yang biasanya digelar akhir tahun ini merangkum hal-hal fenomenal yang terjadi sepanjang tahun.

Sejak saat itu, kehadiran YouTube Rewind pun selalu ditunggu masyaralat dunia. Tak jarang, mereka membuat YouTube Rewind versi lokal, seperti yang beberapa kali dilakukan YouTuber di Indonesia.

Tapi, tahun ini berbeda. Untuk pertama kalinya sejak 2010, YouTube mengumumkan bahwa YouTube Rewind ditiadakan. Pengumuman itu disampaikan tim YouTube lewat Twitter.

"Tahun 2020 berbeda. Dan rasanya tidak benar untuk melanjutkan seolah-olah tidak demikian. Jadi, kami beristirahat dari YouTube Rewind tahun ini," begitu penggalan pengumuman YouTube.

Baca juga: Geser Despacito, Video Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube

YouTube Rewind 2018YouTube YouTube Rewind 2018
Tidak dijelaskan apa yang dimaksud dengan "berbeda" dalam pengumuman itu. Namun, besar kemungkinan hal ini disebabkan kondisi dunia yang masih dilanda pandemi Covid-19.

YouTube pun tidak memungkiri, kendati di situasi seperti ini, banyak pula kreator yang tetap membuat karya positif.

"Anda menemukan cara bagaimana memberi dukungan ke orang-orang, membantu mereka mengatasinya, dan membuat mereka tertawa. Anda membuat tahun yang sulit ini benar-benar lebih baik," tulis YouTube.

Pengumuman ini pun mendapat pro dan kontra. Hank Green, penulis buku dan kraetor video mengatakan keputusan yang diambil YouTube cukup bijak.

Baca juga: YouTube Raup Pendapatan Rp 73 Triliun dari Iklan

Namun, YouTuber Casey Nesitat berpendapat bahwa YouTube Rewind tetap harus dibuat tahun ini. Begitu pula YouTuber gadget Zack Jerry, empunya kanal Jerry Rig Everything.

"Saya tidak setuju. (Tahun) 2020 memang berbeda. Tapi YouTube seharusnya tetap membuat Rewind. Ayolah, masih banyak hal positif," kicaunya.

Kendati menjadi program paling dinanti, dua tahun belakangan YouTube Rewind menjadi bulan-bulanan. YouTube Rewind tahun 2018 menjadi video di YouTube dengan dislike paling banyak sepanjang sejarah.

Baca juga: YouTube Rewind 2018 Catat Rekor Dislike Terbanyak

Hingga berita ini ditulis, YouTube Rewind mendapat dislike 18 juta kali. Tahun 2019, YouTube pun "realistis" dengan membuat YouTube Rewind yang lebih mirip kompilasi video-video apa saja yang paling banyak ditonton.

YouTube Rewind pun masih belum mendapat sambutan baik. Video YouTube Rewind 2019 mendapat dislike 9,2 juta, lebih banyak dibanding penyuka (like) yang mencapai 3,4 juta saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com