Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Link Pulsa Gratis di Telegram, Ini Kata Telkomsel

Kompas.com - 18/11/2020, 14:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesan yang menjanjikan iming-iming pulsa Telkomsel gratis belakangan marak beredar di media sosial.

Isinya adalah tautan ke kanal bot di aplikasi perpesanan Telegram, misalnya "Telkomsel_gratis,bot". Di sana, tertera instruksi cara mendapatkan pulsa Telkomsel gratis.

Baca juga: #SurpriseDeal Telkomsel Hari Ini, Kuota Data hingga 400 GB, Harga mulai Rp 100.000

Contoh kicauan di Twitter, berisi tautan ke kanal bot Telkomsel yang menjanjikan pulsa gratis KOMPAS.com/ KEVIN RIZKY PRATAMA Contoh kicauan di Twitter, berisi tautan ke kanal bot Telkomsel yang menjanjikan pulsa gratis
Untuk bisa mendapatkan pulsa gratis Telkomsel, pengunjung diwajibkan untuk menyebarkan link referral yang diberikan oleh bot di media sosial. Dengan kata lain, mengajak untuk spamming.

Pesan spam yang memuat tautan ini pun menyebar di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan di dalam Telegram sendiri.

Ketika coba dikunjungi oleh KompasTekno, Rabu (18/11/2020), kanal bot di Telegram itu menawarkan saldo pulsa gratis sebesar Rp 5.000 untuk setiap orang yang bergabung lewat tautan referral.

Namun, disebutkan bahwa pulsa hanya bisa "dicairkan" apabila sudah terkumpul nominal senilai Rp 50.000.

 

Tanggapan Telkomsel

Instruksi penyebaran spam demi iming-iming pulsa Telkomsel gratis, dari kanal bot di TelegramKOMPAS.com/ KEVIN RIZKY PRATAMA Instruksi penyebaran spam demi iming-iming pulsa Telkomsel gratis, dari kanal bot di Telegram
Kepada KompasTekno, GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim mengatakan pihaknya tidak pernah membuat promo program ataupun produk dan layanan sesuai dengan tautan yang beredar tersebut.

"Telkomsel mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dengan adanya promo-promo dari sumber yang tidak dapat dipercaya," kata Aldin.

Baca juga: Telkomsel Kucurkan Dana Rp 2,1 Triliun ke Gojek

Aldin turut mengajak masyarakat agar mengakses beragam informasi program, produk dan layanan Telkomsel dari laman resmi www.telkomsel.com atau channel komunikasi resmi lainnya.

Jika terjadi penipuan, pelanggan disarankan untuk menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN.

Aduan juga bisa disampaikan lewat chatting dengan asisten virtual Telkomsel di Line, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com