Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arloji Pintar Pertama dari Citizen Resmi Meluncur

Kompas.com - 18/11/2020, 18:05 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan jam tangan asal Jepang, Citizen, merilis sebuah arloji baru. Bukan arloji konvensional, melainkan smartwatch pertama dari perusahaan.

Dari segi desain, smartwatch bernama CZ Smart ini memang tampak seperti sebuah arloji konvensional. Arloji pintar ini mengusung layar AMOLED seluas 1,28 inci dengan resolusi 416 x 416 piksel dan diameter 46mm.

Dari segi desain, CZ Smart memiliki tampilan klasik mirip arloji pada umumnya. Arloji pintar ini memiliki bentuk bundar dengan cangkang yang terbuat dari material stainless steel.

Untuk sektor hardware, CZ Smart dibekali chip Snapdragon 3100 dan penyimpanan berkapasitas 8 GB. CZ Smart memiliki tiga tombol berbentuk lingkaran di bagian samping kanan bodi.

Baca juga: Honor Band 6 Resmi Meluncur, Gelang Pintar yang Mirip Smartwatch

Layaknya arloji pada umumnya, bagian tali (strap) jam tangan cerdas ini bisa digonta-ganti sesuai keinginan pengguna.

CZ Smart berjalan menggunakan sistem operasi khusus perangkat wearable Android buatan Google yakni Wear OS. Dengan demikian, pengguna bisa menjalankan aplikasi berbasis Android dan berbagai layanan Google.

CZ Smart dilengkapi dengan built-in speaker dan onboard mic. Dengan demikian, pengguna bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dari smartwatch melalui koneksi bluetooth dengan ponsel.

Smartwatch ini memiliki ketahanan hingga kedalaman 30 meter di bawah air (3ATM) sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (18/11/2020).

Adapun fitur lainnya yaitu NFC, sensor untuk memantau denyut jantung (EKG), barometer, accelerometer, gyroscope, GPS, dan kompas.

Baca juga: Smartwatch Bisa Cek Oksigen Darah untuk Deteksi Happy Hipoxia, Akuratkah?

CZ Smart dibanderol dengan harga 395 dollar AS atau sekitar Rp 5,5 juta. Perangkat ini sendiri baru akan dijual pada 14 Desember mendatang.

Kendati demikian, belum diketahui apakah CZ Smart juga akan dijual secara global, termasuk Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com