Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Pengguna Instagram Kini Bisa Akses Fitur Guides

Kompas.com - 19/11/2020, 08:03 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Mei lalu, fitur Instagram Guides sudah bisa digunakan seluruh penggunanya. Fitur ini sudah tersedia di versi Instagram terbaru.

Mulanya, fitur Guides diluncurkan Instagram sebagai bentuk dukungan kepada para content creator, terkait pembahasan isu kesehatan mental, terutama semasa pandemi Covid-19.

Namun, Instagram mengatakan bahwa kini fitur Guides sudah dilengkapi dengan beberapa opsi kategori konten seperti produk, referensi tempat, atau postingan dengan tema lainnya.

Fitur Guides sudah tersedia di platform Android dan iOS, dan disebar ke seluruh pengguna. Fitur ini dapat diakses lewat menu yang terletak di antara galeri dan tag, di halaman Profile Instagram.

Baca juga: Instagram Luncurkan Fitur Guides dan Kontrol Komentar di Indonesia

Apa itu IG Guide? Lewat fitur Guides, pengguna dapat mengkurasi konten-konten dengan topik tertentu dan bisa ditemukan dengan mudah.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Guides untuk membuat konten dengan deskripsi yang lebih panjang, layaknya postingan di blog, kemudian dibagikan di Stories atau Direct Message (DM).

Dengan demikian, follower/pembaca tidak perlu repot membuka laman blog secara terpisah.

"Kami berharap Guides memberikan cara lain untuk terhubung dengan akun favorit Anda, dan terinspirasi oleh konten yang disukai di Instagram," tulis Instagram di blog resminya.

Selain Guides, Instagram juga memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat mencari postingan lebih terpersonalisasi.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mencari postingan berdasarkan nama akun, tagar, dan lokasi. Kini, Instagram melakukan pembaruan di kolom pencarian agar pengguna bisa mencari postingan lebih spesifik.

Baca juga: Twitter Luncurkan Fleets, Fitur Mirip Instagram Stories

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, nantinya postingan yang ditampilkan bakal menyesuaikan dengan ketertarikan pengguna dan konten yang paling relevan.

Sementara, pembaruan di kolom pencarian ini sudah tersedia dalam bahasa Inggris untuk pengguna di wilayah Kanada, AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Kemungkinan, pembaruan akan dilakukan secara bertahap di sejumlah negara lainnya, termasuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com