Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Siapkan Laptop Layar Gulung, Begini Wujudnya

Kompas.com - 25/11/2020, 08:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah Oppo memperkenalkan smartphone dengan layar gulung, LG dikabarkan tengah menyiapkan perangkat dengan mekanisme layar serupa. Namun, bukan ponsel, melainkan sebuah laptop dengan teknologi rollable display.

Hal ini diketahui berdasarkan bocoran gambar paten yang tersiar di internet dari akun pembocor gadget di Twitter, @Gadgetsdata.

Meski tidak disebutkan kapan paten tersebut diajukan, gambar paten ini menampilkan secara jelas bagaimana desain dan cara kerja laptop layar gulung LG tersebut.

Ilustrasi paten laptop layar gulung LG.Twitter.com/Gadgetsdata Ilustrasi paten laptop layar gulung LG.

Berdasarkan bocoran gambar tersebut, tampak bahwa layar laptop ini nantinya bisa diperluas (extend) dan disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Baca juga: Siap-siap Microsoft Office Bakal Lemot di Laptop MacBook Baru

Layarnya sendiri bisa digulung ke bawah dan ukurannya bisa diatur menjadi maksimal 17 inci, atau digulung sedikit menjadi 13,3 inci.

Apabila tidak dipakai, layar ini lantas bisa digulung sepenuhnya ke dalam engsel (hinge) yang menjadi "rumah" bagi layar, begitu juga modul webcam yang turut bisa disembunyikan.

Dalam kondisi layar tergulung seperti ini, engsel akan menyerupai speaker berjenis soundbar, lengkap dengan tombol power di bagian bingkai kanannya (jika dilihat dari depan), dan bisa berdiri sendiri tanpa disambungkan dengan papan ketik (keyboard).

Keyboard bisa dilipat

Terkait keyboard, engsel laptop ini juga tampaknya bisa dipasangi dengan sebuah papan yang memuat keyboard dan mouse trackpad.

Jika tidak dipakai, papan ini bisa dicopot dari housing layar dan bisa dilipat menjadi lebih ringkas, seperti dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (25/11/2020).

Kendati demikian, belum diketahui apakah laptop dengan layar gulung ini bakal diwujudkan dalam waktu dekat atau tidak.

Baca juga: Microsoft Rilis Surface Laptop Go, Ringan dan Lebih Murah

LG juga belum mengumbar informasi resmi terkait keberadaan laptop dengan layar gulung tersebut.

Sebagai informasi, pada Oktober lalu, LG juga merilis perangkat layar gulung komersial pertama perusahaan.

Ialah LG Signature OLED R, perangkat TV berukuran 65 inci yang bisa digulung ke bawah. Perangkat itu saat ini hanya dijual di negara asalnya dengan harga 100 juta won atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Sehingga, bukan tidak mungkin jika perusahaan teknologi ini membuat produk serupa namun ukurannya lebih kecil dan menyasar ke segmen berbeda.

Baca juga: Ada WFH, Penjualan Online Laptop Lenovo Naik Dua Kali Lipat


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com