Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 70 Tahun, Pameran Kamera Photokina Dihentikan

Kompas.com - 28/11/2020, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Koelnmesse

KOMPAS.com - Setelah digelar tiap dua tahun sekali selama 70 tahun, pameran kamera ikonik terbesar di Eropa, Photokina resmi dihentikan untuk sementara waktu.

Hal itu diketahui dari pengumuman resmi yang diunggah di situs Photokina.com dan situs penyelenggara, Koelnmesse.com.

Bisnis industri kamera yang terus menurun selama bertahun-tahun, ditambah lagi dengan efek domino pandemi Covid-19, disebut-sebut sebagai alasan mengapa pameran dua tahunan ini tidak akan diselenggarakan lagi dalam waktu dekat.

"Karena tren penurunan signifikan di industri kamera yang terus berlanjut, Koelnmesse telah memutuskan untuk berhenti menggelar Photokina, yang biasa digelar di Koln, Jerman untuk sementara waktu sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar pihak Koelnmesse, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Koelnmesse.com, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Sepenggal Sejarah Pameran Photokina

Pihak Koelnmesse melanjutkan, bisnis industri kamera sendiri semakin tergerus sejak 2014 dan bahkan, karena pandemi, penurunannya sampai 2 digit (berkisar di angka 50 persen).

Penurunan ini disinyalir berasal dari kegiatan fotografi dan videografi yang kini beralih secara perlahan, dari kamera konvensional ke smartphone.

Kondisi semacam ini, menurut President & CEO Koelnmesse, Gerald Bose, lantas tidak memungkinkan untuk menggelar ajang Photokina, yang biasanya dipakai untuk memamerkan aneka alat fotografi konvensional, atau kamera berteknologi canggih.

Setelah pengunjung mengantre dan memindai tiket masuk, mereka beejalan melewati pintu berikutnya untuk masuk menuju berbagai aula pameran Photokina 2016.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Setelah pengunjung mengantre dan memindai tiket masuk, mereka beejalan melewati pintu berikutnya untuk masuk menuju berbagai aula pameran Photokina 2016.
"Kondisi industri kamera saat ini tidak memungkinkan untuk menggelar pameran fotografi berskala internasional," ujar Gerald di situs yang sama.

"Keputusan ini sangat berat, namun krisis yang kami hadapi sangat jelas di depan mata, sehingga kami tidak memiliki alternatif lain," imbuh Gerald.

Baca juga: Kamera Full Frame Terkecil Sony A7C Masuk Indonesia

Konon, pameran Photokina bakal digelar kembali pada 18-21 Mei 2022. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan lantaran situs Koelnmesse tidak memberikan informasi terkait tanggal tersebut.

Sudah digelar sejak 1950

Sebagai informasi, sejak 1950, pameran Photokina digelar secara tahunan di kota Koln, Jerman oleh Koelnmesse, dan terus diadakan hingga tahun 1952.

Kemudian setelah 1952, pameran digelar secara dua tahunan, tepatnya pada 1954, 1956, 1958, dan 1960, kemudian berubah lagi menjadi jeda tiga tahun, yakni pada 1963 dan 1966. 

Baru pada 1966 hingga sekarang, pameran Photokina ditetapkan digelar dalam dua tahunan. Penyelenggaraan terakhir Photokina adalah pada 2018 lalu.

Pada 2019, Koelnmesse berencana untuk mengubah format waktu gelaran Photokina secara tahunan, seperti pada gelaran pertama pada 1950. Namun, rencana tersebut tak terwujud lantaran acara ini ditunda hingga Mei 2020.

Namun akibat pandemi Covid-19, pameran Photokina yang sedianya digelar Mei 2020, ditunda lagi hingga 2022. Benarkah Photokina akan digelar kembali pada 2022? Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koelnmesse


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com