Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Spotify Wrapped, YouTube Music Juga Bikin Daftar Lagu Populer

Kompas.com - 07/12/2020, 13:05 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan Spotify Wrapped 2020. Seolah tak mau ketinggalan, YouTube Music turut menghadirkan daftar "2020 Year in Review" atau kilas balik untuk penggunanya.

Pengguna YouTube Music premium atau gratis cukup masuk ke aplikasi untuk mengakses daftar "2020 Year in Review" yang sudah dipersonalisasi.

Ada tiga kategori daftar kilas balik yang bisa dilihat yaitu My 2020 Year in Review, Top Songs of 2020, dan Top Pop 2020. Ketiganya disesuaikan berdasarkan minat dan kesukaan masing-masing dari pengguna.

Baca juga: YouTube Music Kini Sodorkan Lagu untuk Bahan Bikin Playlist

Sama halnya dengan Spotify Wrapped, daftar "2020 Year in Review" juga menampilkan playlist terpopuler sepanjang 2020. Di sana, pengguna dapat langsung mengetahui artis, lagu, dan genre musik teratas mereka.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Senin (7/12/2020), YouTube Music mengkategorikan berbagai genre, mulai dari pop, rock, indie, hip-hop, dan lainnya.

Bedanya dari Spotify Wrapped, daftar "2020 Year in Review" tidak terlalu merinci data lain, seperti total durasi yang dihabiskan sepanjang 2020.

Tampilannya bisa dibilang cukup ringkas dengan hanya menyajikan folder berisi daftar lagu yang diurutkan berdasarkan kategori teratas atau terpopuler seperti di bawah ini.

Daftar My 2020 Year in Review di aplikasi YouTube Musicandroidpolice.com Daftar My 2020 Year in Review di aplikasi YouTube Music

YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming lagu mirip Spotify. Pelanggan gratis bisa streaming musik lewat aplikasi YouTube Music secara gratis dengan diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin mendengar iklan, mereka bisa membayar biaya langganan.

Baca juga: Daftar Tombol Shortcut untuk Menonton YouTube

Di Indonesia, Google mematok harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49.000 per bulan.

Dengan banderol harga tersebut, pengguna bisa menikmati beragam fitur ekstra YouTube Music, seperti streaming musik tanpa iklan, hingga mengunduh lagu agar bisa diputar secara offline.

Bedanya dengan Spotify, YouTube Music tidak hanya menyediakan audio namun juga video. Pengguna bisa beralih dari audio ke video atau sebaliknya, bahkan saat lagu terputar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com