Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal dan Membuka Kotak Penjualan Xiaomi Mi 10T Pro

Kompas.com - 13/12/2020, 17:11 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mewah. Satu kata itu terbesut di benak KompasTekno saat pertama kali membuka kotak kemasan ponsel flagship teranyar Xiaomi, Mi 10T Pro, terutama varian warna Cosmic Black.

Punggung ponsel tersebut, yang berbahan polikarbonat, dilapisi dengan sentuhan warna abu-abu gelap yang mengilap (glossy). Sekilas, tampilannya memang terlihat seperti kaca di ponsel premium kebanyakan.

Karena mengilap, maka wajar saja apabila cangkang ponsel yang dilapisi pelindung Gorilla Glass 5 ini agak licin ketika digenggam berlama-lama, serta tak begitu ramah dengan bekas sidik jari.

Tampilan punggung Mi 10T Pro. Materi punggung ponsel ini berupa plastik polikarbonat yang dilapisi dengan sentuhan mengilap bak kaca. Di bagian ini, terdapat modul persegi panjang yang memuat tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera macro 5 MP. Ada pula sensor untuk menopang kinerja autofocus (AF) yang sudah dilengkapi dengan penstabil gambar fisik (OIS). KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan punggung Mi 10T Pro. Materi punggung ponsel ini berupa plastik polikarbonat yang dilapisi dengan sentuhan mengilap bak kaca. Di bagian ini, terdapat modul persegi panjang yang memuat tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera macro 5 MP. Ada pula sensor untuk menopang kinerja autofocus (AF) yang sudah dilengkapi dengan penstabil gambar fisik (OIS).

Selain punggungnya, sekeliling bingkai (frame) Xiaomi Mi 10T Pro mengusung bahan aluminum yang tampak elegan, seakan menambah kesan mewah pada smartphone berbanderol Rp 7 juta ini.

Baca juga: Ponsel Mi 10T Pro Sempat Tak Dapat Sinyal, Ini Penjelasan Xiaomi

Bagi pengguna yang biasa menggenggam ponsel tipis, seperti Oppo Reno4 F (7,5 mm), maka mereka mungkin harus beradaptasi jika beralih ke Mi 10T Pro. Sebab, ponsel ini memiliki dimensi ketebalan 9,3 mm.

Pengguna juga harus terbiasa dengan modul kamera belakang ponsel yang cukup menonjol.

Dimensi ketebalan modul yang terdiri dari tiga kamera (108 MP + 13 MP + 5 MP) ini bisa dibilang mengganggu apabila pengguna sering meletakkan ponsel dengan permukaan punggung yang menghadap ke bawah.

Meski demikian, ketika dibawa sehari-hari, ponsel yang berbobot 218 gram ini masih nyaman untuk digenggam lantaran tak begitu berat, setidaknya tak seberat Redmi Note 9 Pro yang  bobotnya mencapai 209 gram.

Layar lega dan terang

Dari segi layar, Xiaomi Mi 10T Pro dibekali dengan panel IPS LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar yang sudah dilapisi pelindung kaca Gorilla Glass 5 ini mungkin tak sebagus AMOLED, namun tetap lega.

Sebab, sekeliling layarnya sudah dihiasi dengan bingkai yang cukup tipis, serta dilengkapi dengan  modul punch hole mungil yang terletak di kiri atas layar. Modul ini memuat kamera selfie beresolusi 20 MP.

Tampilan depan Mi 10T Pro. Layar ponsel ini mengusung IPS LCD dengan diagonal 6,67 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 144 Hz. Layarnya sendiri sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Pada bagian kiri atasnya, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan depan Mi 10T Pro. Layar ponsel ini mengusung IPS LCD dengan diagonal 6,67 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 144 Hz. Layarnya sendiri sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Pada bagian kiri atasnya, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP.

Ketika dipakai di bawah sinar matahari terik, layar Mi 10T Pro terbilang masih nyaman untuk dipandang. Sebab, panel ponsel tersebut memiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits (typical)/650 nits (peak).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro di Indonesia

Tak cuma cerah, layar ini juga terasa cepat berkat refresh rate yang diusung, yakni 144 Hz. Dibanding Mi 10T Pro (60 Hz) atau Mi 10 (90 Hz), aktivitas navigasi antar-menu atau antar-aplikasi di ponsel terasa lebih ngebut dan halus.

Tak ada headphone jack

Lanjut membahas bingkainya, Xiaomi Mi 10T Pro tak dibekali dengan headphone jack 3,5 mm. Sehingga, pengguna yang terbiasa memakai headset berkabel harus menggunakan adapter headphone jack 3,5mm ke USB-C yang disertai dalam kotak penjualan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com