Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Apple WFH hingga Juni 2021, Begini Cara Mereka Kerja

Kompas.com - 14/12/2020, 08:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi yang mengimbau karyawannya untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH) sejak awal tahun ini karena pandemi Covid-19. Kebijakan ini masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Dalam pertemuan town hall baru-baru ini, CEO Apple Tim Cook mengumumkan bahwa karyawannya belum diperkenankan kembali bekerja dari kantor hingga Juni 2021.

Cook juga mengatakan terbukanya peluang bekerja secara fleksibel dari jarak jauh pada masa depan, mengingat perusahaannya cukup sukses menjalankan WFH selama pandemi.

Selama ini, Apple dikenal dengan budaya kerja yang terpusat pada kantor mereka yang ada di Cupertino, California, Amerika Serikat. Namun, secara bersamaan Cook tetap menekankan pentingnya bekerja secara tatap muka.

Baca juga: Karyawan Facebook Boleh WFH hingga Juli 2021 dan Dapat Tunjangan Alat Kerja

"Tidak ada perubahan untuk kolaborasi tatap muka," kata Cook kepada karyawannya, menurut salah satu sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (14/12/2020).

"Namun, kami telah belajar banyak, bagaimana kami bisa menyelesaikan pekerjaan kami dari luar kantor tanpa mengorbankan produktivitas atau hasil," lanjut Cook.

Cook menambahkan bahwa ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pandemi ini. Apple akan menjaga apa pun yang sudah dihasilkan perusahaan, sambil menyelaraskan transformasi terbaik tahun ini.

Senior Vice President of Hardware Engineering Apple Dan Riccio mengatakan bahwa WFH memiliki tantangan besar dalam hal pengembangan desain perangkat karena biasanya dilakukan di laboratorium Apple.

Pembatasan wilayah juga menjadi tantangan karena teknisi, yang biasanya pergi ke China untuk membantu manufaktur peluncuran produk, jadi terhambat. Mengenai masalah ini, Apple telah mengatasinya.

Baca juga: Twitter Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah Selamanya

Para teknisi mengendalikan robot dari rumah menggunakan iPad dan perangkat lunak augmented reality untuk membantu teknisi melihat pabrik yang berlokasi di luar negeri.

Karyawan juga bekerja dengan jadwal waktu yang berbeda agar bisa berkomunikasi dengan baik bersama para staf di China.

Sementara itu, Chief Operating Officer Apple Jeff Williams mengatakan bahwa tim desain Apple menemukan cara baru untuk bekerja jarak jauh.

Sabih Khan yang menjabat sebagai eksekutif operasional juga mengapresiasi timnya yang mampu menghasilkan produk dengan minimum penundaan.

Pada acara yang sama, Cook juga menjanjikan akan memberikan bonus liburan bagi karyawannya di beberapa negara, yang akan diberikan pada 4 Januari 2020.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Karyawan Facebook Dapat Bonus Rp 15 Juta

Pria berusia 60 tahun itu juga mengumumkan bahwa program donasi dari para karyawan Apple tahun ini mengumpulkan hasil terbanyak yang pernah dicapai.

Sejak inisiasi itu dimulai, Apple telah mendonasikan lebih dari 591 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,3 triliun (kurs rupiah Rp 14.150). Apple juga mendonasikan 5 juta dollar AS (sekitar Rp 70,7 miliar) kepada organisasi yang membantu mereka yang terdampak Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com