Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Down, Google Dominasi Trending Topic di Twitter

Kompas.com - 14/12/2020, 19:50 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Google antara lain YouTube, Gmail, Google Drive, hingga Google Maps dilaporkan bermasalah pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 18.55 WIB.

Tumbangnya layanan ini dengan cepat menjadi perbincangan di dunia maya. Para pengguna layanan Google tersebut melontarkan keluh kesah mereka di Twitter.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah aplikasi mobile dari layanan tersebut memang tidak bisa diakses. Seperti salah satunya YouTube. Halaman utama hanya menampilkan keterangan "There was a problem with the server [503]".

Baca juga: YouTube, Gmail, Play Store Down!

Para pengguna YouTube pun beramai-ramai curhat hal tersebut di Twitter. Beberapa dari mereka mengira bahwa koneksi internet pada ponselnya tidak stabil sehingga tidak bisa mengakses video YouTube.

Tagar YouTubeDOWN jadi trending topic di TwitterKOMPAS.com/ConneyStephanie Tagar YouTubeDOWN jadi trending topic di Twitter

Sebagian dari mereka yang menyertakan tagar #YouTubeDOWN sehingga menjadi trending topic. Tagar ini masih memuncaki trending topic Twitter di Indonesia hingga sekitar pukul 19:25 WIB.

Selain tagar #YouTubeDown, kata kunci "Google" dan "Gmail" juga turut bertengger di trending topic twitter.

Pihak YouTube melalui akun Twitter-nya membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube. Tim kami telah menyelidiki masalah tersebut. Kami akan memberi update secepatnya terkait permasalahan ini," jelas YouTube.

Baca juga: YouTube Error, Ini Tanggapan YouTube

 

Menurut pantauan KompasTekno, layanan YouTube sendiri kini sudah berangsur normal mulai sekitar pukul 19:35 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com