Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Rilis Snapdragon 678, Janjikan Performa Kamera Meningkat

Kompas.com - 16/12/2020, 16:14 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Setelah merilis chipset kelas atas pada awal Desember ini, Qualcomm kini memperkenalkan chipset anyar bernama Snapdragon 678. Chipset ini dibuat untuk ponsel kelas menengah.

SoC ini merupakan generasi penerus dari Snapdragon 675. Snapdragon 678 dibuat dengan fabrikasi 11nm dan diklaim dapat meningkatkan performa kamera serta gaming.

"Snapdragon 678 membawa kemampuan terbaru untuk mendukung kebutuhan hiburan pengguna melalui koneksi yang handal dan kapasitas baterai yang tahan lama," kata Kedar Kondap selaku Vice President Product Management Qualcomm Technologies Inc.

Snapdragon 678 menggunakan CPU Kryo 460 dengan clock speed 2.2 GHz, lebih cepat daripada Snapdragon 675 dengan clock speed  2.0 Ghz. Sedangkan prosesor pengolah grafisnya masih sama, yaitu GPU Adreno 612. 

Baca juga: Qualcomm Pilih Nama Snapdragon 888, Mengapa Bukan Snapdragon 875?

Keunggulan lainnya dari chip ini adalah adanya teknologi image signal processor Spectra 250L yang mendukung penggunaan teknologi triple-camera (ultra wide, wide, dan telephoto, rentang focal length/zoom hingga 5x) hingga resolusi 48 MP. 

Kemampuan video juga menyediakan fitur perekaman video HD 4K dengan mode slow-mo dan optical zoom 5x. Kemampuan kamera depan juga mendukung resolusi hingga 16 MP dan kamera ganda.

Untuk performa gaming, Snapdragon 678 diklaim dapat mengoptimalkan game yang dibuat dengan engine Unity, Messiah, NeoX, hingga Unreal Engine 4.

Konektivitas Snapdragon 678 terdiri dari Bluetooth 5.0 serta WiFi 802ac 1×1 MU-MIMO dengan trio-band 2.4 GHz dan 5 GHz.

Namun, seperti kebanyakan SoC kelas menengah pada umumnya, Qualcomm masih belum membekali Snapdragon 678 dengan modem 5G terintegrasi.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Ponsel Gaming Akhir Tahun?

Sebagai gantinya, SoC ini menggunakan modem Snapdragon X12 LTE, dengan kecepatan unduh hingga 600 Mbps dan unggah mencapai 150 Mbps.

Dihimpun KompasTekno dari Slash Gear, Rabu (16/12/2020), Snapdragon 678 kabarnya baru akan dirilis untuk ponsel terbaru pada 2021 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com