Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Jajal Mode Suara, Film Bisa Didengarkan seperti Podcast

Kompas.com - 17/12/2020, 16:02 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Netflix nampaknya bakal membawa suasana baru di platformnya. Layanan streaming film itu dikabarkan tengah menguji coba fitur baru, Audio Only.

Mode ini akan memutar file audio (suara) saja dari video/film yang sedang ditonton, sehingga mirip podcast. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh sejumlah pengembang di XDA Developers pada Oktober lalu.

Kini, Netflix sedang menguji cobanya di sejumah pengguna. Mode Audio Only ini dikatakan Netflix dapat memberi pengalaman baru bagi pengguna yang sekiranya ingin mengubah konten visual (video) menjadi audio digital.

Baca juga: Netflix Punya Fast Laughs, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Tak hanya itu, mode Audio Only juga membantu pengguna dalam menghemat kuota data internet yang dikonsumsi, karena hanya mengalirkan (streaming) file audio-nya saja, alih-alih video.

Saat mode ini digunakan, nantinya video akan berubah tampilan menjadi warna hitam, dan hanya meninggalkan suara di dalamnya.

Mode Audio Only pada aplikasi Netflix9to5google.com Mode Audio Only pada aplikasi Netflix

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Kamis (17/12/2020), Netflix masih akan menampilkan tombol putar (Play), jeda (Pause), Playback, Next, Subtitle, dan kumpulan Episode.

Opsi Audio Only akan tersedia di kolom pengaturan aplikasi (App Settings). Pengguna bisa memilih kapan mode Audio Only ini dimunculkan.

Ada tiga opsi Audio Only yang bisa dipilih yaitu Always On, Headphones or External Speakers, dan Off.

Baca juga: Netflix Diam-diam Hapus Gratisan Uji Coba 30 Hari di Indonesia

Ketika sudah memilih salah satu opsi, nantinya mode Audio Only akan ditamplkan secara pop-up ketika video sedang diputar.

Kemungkinan, Netflix juga akan menghadirkan fitur Picture in Picture (PiP) yang memungkinkan penggunanya bisa menonton video dan membuka aplikasi lainnya secara bersamaan.

Kendati demikian, Netflix belum mengonfirmasi secara resmi, kapan mode Audio Only ini akan digelontorkan untuk seluruh penggunannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com