Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Lagi Kamera Nikon Buatan Jepang

Kompas.com - 24/12/2020, 08:11 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Asahi

KOMPAS.com - Tak akan ada lagi kamera Nikon yang dibuat di Jepang. Setelah 70 tahun, Nikon memutuskan akan menghentikan produksi bodi kamera di pabriknya di Jepang.

Selama ini, produksi bodi kamera Nikon dilakukan di dua pabrik, yakni di Sendai Nikon di Prefektur Miyagi serta Nikon Thailand (NTC) di Thailand.

Nikon memutuskan untuk menghentikan lini produksi di Jepang, dan memfokuskan produksi bodi kameranya di pabrik Thailand.

Baca juga: Nikon Keluar dari Indonesia, Alarm Kondisi Pasar Kamera Kita?

Keputusan Nikon menutup pabrik di Jepang dan hanya fokus mengandalkan pabrik di Thailand itu diambil dengan alasan untuk menekan biaya produksi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Asahi (23/12/2020).

Dengan demikian, produksi kamera mirrorless terbaru Nikon, Z7 dan Z6, serta kamera DSLR D6 juga akan ikut dipindahkan ke pabrik NTC Thailand.

Menurut informasi, produksi kamera mirrorless terbaru Nikon Z7 dan Z6, sebenarnya sudah memasuki tahap persiapan perpindahan produksi ke pabrik Thailand sejak Oktober lalu.

Sedangkan untuk kamera DSLR D6, produksinya dijadwalkan akan dipindahkan pada akhir 2021.

Sebagai informasi, di Indonesia sediri, PT. Nikon Indonesia juga telah mengumumkan penutupan operasionalnya pada 22 Oktober 2020 lalu. Kabar itu disampaikan lewat akun Instagram resmi Nikon Indonesia.

Baca juga: Nikon Indonesia Tutup, ke Mana Pengguna Bisa Servis Kamera?

"Setelah hampir 8 tahun perjalanan Nikon Indonesia, kami informasikan bahwa hari ini tanggal 21 Oktober 2020 adalah hari terakhir Imaging Division PT. Nikon Indonesia beroperasi di Indonesia," tulis Nikon Indonesia.

Dalam pengumuman yang sama, disebutkan pula bahwa seluruh kegiatan sales, marketing dan service diserahkan ke PT Alta Nikindo selaku distributor resmi di Indonesia. Tidak dijelaskan alasan penutupan operasional Nikon di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asahi
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com