Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Hapus Akun Instagram secara Permanen

Kompas.com - 28/12/2020, 19:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mashable

Kompas.com - Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang mampu menghubungkan kerabat dan teman. Melalui fitur Instagram Stories, pengguna dapat membagikan kisah dan pengalaman menarik yang dialaminya.

Namun tak jarang, ada pengguna yang merasa bosan dan jenuh terhadap beragam konten yang melintas di lini masa media sosial tersebut.

Jika pengguna memutuskan tak ingin lagi menggunakan Instagram, maka pengguna dapat menghapus akun Instagram secara permanen.

Baca juga: Cara Hapus Akun Facebook Tanpa Kehilangan Foto dan Kontak

Perlu dicatat bahwa pengguna tidak dapat menghapus akun lewat aplikasi Instagram, melainkan harus melalui browser web.

Dengan menghapus akun Instagram, pengguna tidak akan lagi dapat mengakses akun miliknya tersebut. Maka sebelum menghapus, pengguna diimbau mencadangkan semua konten yang pernah diupload, dan disimpan terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen? Berikut ini adalah langkah-langkahnya sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Senin (28/12/2020).

Pertama, pengguna dapat mengunduh seluruh data yang tersimpan pada akun Instagram. Dengan demikian, pengguna bisa mengarsipkan seluruh data dan foto yang terdapat pada akun.

Baca juga: 5 Fitur Baru WhatsApp yang Dirilis pada 2020 dan Cara Menggunakannya

Caranya mudah. Pengguna hanya cukup mengakses menu Settings dan pilih Privacy & Security. Pada menu tersebut, klik opsi Request Download. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail.

Cara mencadangkan data pada akun InstagramMashable Cara mencadangkan data pada akun Instagram

Dalam waktu 48 jam ke depan, nantinya pihak Instagram akan mengirimkan seluruh data pribadi pengguna yang mencakup file berisi foto, kutipan komentar, dan masih banyak lagi.

Setelah menerima seluruh data, pengguna dapat mulai melanjutkan prosesi menghapus akun dengan mengakses tautan berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Best Nine 2020

Pada halaman tersebut, pengguna akan diminta untuk memberikan alasan mengapa memutuskan untuk menghapus akun.

Apabila keputusan sudah bulan, pengguna bisa melanjutkan proses eksekusi akun dengan menekan tombol "Permanently delete my account".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com