Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Facebook Resmi Apple Belum "Centang Biru", Ini Alasannya

Kompas.com - 29/12/2020, 16:13 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perseteruan antara Apple dan Facebook masih terus berlanjut. Kabar terbaru menyebut bahwa Facebook menolak persetujuan akun verifikasi yang diajukan oleh Apple.

Hal ini diungkap oleh Konsultan Media Sosial, Matt Navarra yang pertama kali mengetahui bahwa Facebook nampaknya telah membatalkan verifikasi akun resmi Apple di platformnya.

Namun ada fakta lain yang ditemukan. Dalam unggahan di akun media sosialnya, Navarra mengatakan bahwa halaman Facebook resmi Apple ternyata tidak pernah diverifikasi sejak awal akun itu dibuat.

Sementara, akun Facebook milik layanan Apple, seperti Apple Music, Apple Podcast, dan Apple TV justru telah mendapat tanda centang biru pada akunnya.

Baca juga: Twitter Kembali Buka Pengajuan Verifikasi Centang Biru pada 2021

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari India Today, Selasa (29/12/2020), dugaan lain menyebut bahwa halaman Facebook milik Apple belum diverifikasi lantaran admin tidak pernah melakukan permintaan verifikasi agar akunnya mendapat centang biru.

Sebagai informasi, verified account biasanya hanya tersedia eksklusif bagi brand maupun figur publik di bidang media, politik, seni, olahraga, dan bisnis. Verified account sendiri berfungsi untuk menandai bahwa sebuah akun dapat dipercaya.

Terlepas dari hal itu, beberapa waktu lalu, Facebook memang tengah berseteru dengan Apple terkait kebijakan privasi soal keamanan pengguna iOS 14.

Sebab, pembaruan sistem operasi iOS 14 di perangkat Apple akan menampilkan perubahan kebijakan privasi dengan mengharuskan aplikasi atau layanan meminta izin terlebih dahulu sebelum melacak aktivitas pengguna.

Merasa terganggu dengan kebijakan ini, Facebook pun berkali-kali melontarkan tudingan miring atas Apple dan menilai bahwa hal ini akan menyulitkan para pelaku usaha kecil.

Baca juga: Pengajuan Centang Biru di Instagram Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Menanggapi tuduhan tersebut, CEO Apple, Tim Cook akhirnya angkat bicara. Lewat akun Twitter miliknya, Cook menegaskan bahwa Facebook tetap bisa melacak pengguna seperti sebelumnya.

Hanya saja, App Tracking Transparency di iOS 14 mengharuskan aplikasi seperti Facebook agar meminta izin kepada pengguna terlebih dahulu.

Menurut Cook, kebijakan ini diambil lantaran Apple mengutamakan kepentingan para pengguna perangkatnya, dalam hal privasi data.

"Kami harus memberi opsi khusus ini kepada pengguna agar mereka tahu data yang dikumpulkan dari mereka dan bagaimana data itu dapat dikelola dengan baik dan aman," kicau Cook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com