Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Patenkan 7 Rancangan Ponsel Lipat

Kompas.com - 05/01/2021, 15:43 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat atau foldable phone tampaknya semakin dilirik oleh para vendor smartphone, termasuk Xiaomi.

Pabrikan asal China tersebut telah mematenkan tujuh desain ponsel layar lipat. Keberadaan paten berisi konsep perangkat Xiaomi itu diungkap oleh situs teknologi asal Belanda, Let's Go Digital. Situs tersebut mengatakan bahwa Xiaomi mengajukan patennya pada 1 Januari 2021.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12.5

Dari total tujuh desain yang diajukan, tiga diantaranya mengusung mekanisme lipatan vertikal atau clamshell, layaknya Motorola Razr. Sementara empat model lainnya memperlihatkan rancangan yang mirip dengan ponsel layar lipat milik Samsung, Galaxy Fold.

Paten ponsel layar lipat XiaomiLetsGoDigital Paten ponsel layar lipat Xiaomi

Tiga rancangan ponsel lipat yang bermodel clamsell mengusung desain lipatan dengan mekanisme layar yang bisa dilipat dua secara horizontal.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Selasa (5/1/2021) layar depan ketiga ponsel clamshell berbentuk memanjang ketika dibentangkan, serta tidak memiliki notch atau lubang untuk menampung kamera selfie.

Kemudian, empat rancangan ponsel lipat lainnya memiliki layar lebar yang dilipat secara vertikal, mirip dengan Samsung Galaxy Fold.

Saat dibentangkan, layar akan menjadi berukuran besar seperti tablet. Rancangan keempat ponsel ala Galaxy Fold ini tampak mirip antara satu dan yang lainnya. Hanya ada sedikit perbedaan, terutama dari susunan kamera belakang.

Paten ponsel layar lipat XiaomiLetsGoDigital Paten ponsel layar lipat Xiaomi

Tentu saja, karena masih berupa paten, ketujuh perangkat dalam paten Xiaomi ini belum bentu akan benar-benar diwujudkan dalam bentuk produk final.

Xiaomi sendiri sudah beberapa waktu belakangan dikabarkan berniat ikut membuat smartphonel dengan layar lipat. Sebelumnya, tahun lalu perusahaan ini sempat dikabarkan beberapa kali mematenkan konsep rancangan ponsel foldable.

Baca juga: Unboxing Arloji Pintar Xiaomi Mi Watch

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com