Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ponsel dengan Kamera Selfie Terbaik Menurut DxOMark

Kompas.com - 06/01/2021, 10:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Situs benchmark digital imaging DxOMark baru saja merilis skor hasil pengujian kualitas kamera selfie ponsel.

Berdasarkan laporan, Huawei Mate 40 Pro menduduki posisi teratas sebagai smartphone dengan kamera selfie terbaik sepanjang 2020 versi DxOMark, dengan skor keseluruhan 110 poin.

Huawei Mate 40 Pro sendiri dibekali dengan kamera selfie beresolusi 13 MP dengan sensor berukuran 1/2,8 inci dan lensa (f/2.4) 18mm, berikut kamera ToF untuk mengukur jarak objek.

Baca juga: Huawei Mate 40 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 16 Juta

Menurut DXOMark, kamera depan Mate 40 Pro mampu menangkap warna dalam rentang dynamic range yang luas serta membidik detail gambar dengan baik di area terang maupun gelap.

Warna-warna yang berasal dari kamera depan Mate 40 Pro ditampilkan dengan white balance yang akurat terlebih saat menangkap objek di malam hari.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (6/1/2021), satu kelebihan kamera selfie Mate 40 Pro adalah depth-of-field yang lebar sehingga objek yang menjadi pusat fokus terlihat menjadi tajam.

Huawei Mate 40 proHuawei Huawei Mate 40 pro

Pemotretan dengan mode bokeh juga diklaim menghasilkan exposure yang baik meski dalam kondisi pencahayaan yang minim (low-light).

Hasil jepretan Mate 40 Pro secara keseluruhan dinilai cukup baik. Kualitas warna yang ditampilkan disebut mendekati aslinya dan minim noise. Terlepas dari beberapa kelebihan tersebut, perangkat ini masih memiliki sejumlah kekurangan.

DxOMark menyebut bahwa fitur penstabil gambar terkadang kurang efektif ketika ponsel tersebut dipakai untuk menangkap obyek dalam beberapa kondisi cahaya.

Pengujian DxOMark antara lain mencakup kualitas exposure dan kontras, akurasi warna, noise, dan bokeh. Mate 40 Pro dinobatkan sebagai ponsel berkamera depan terbaik untuk foto.

Baca juga: Kata Asus soal Kepastian Zenfone 7 Dijual di Indonesia

Bagaimana dengan perekaman video lewat kamera depan? Untuk soal ini, Mate 40 Pro berbagi posisi teratas dengan Zenfone 7 dari Asus yang memiliki kamera putar. Kamera belakangnya sekaligus merangkap sebagai kamera depan.

Kedua ponsel sama-sama mencetak skor 96 poin untuk video dengan kamera depan. DxOMark menyebutkan bahwa Mate 40 Pro merupakan salah satu ponsel terbaik untuk vlogging dan memberikan hasil optimal saat merekam dengan resolusi 4K 30 fps.

Sementara itu, Zenfone 7 mampu merekam video dalam resolusi lebih tinggi, mencapai 8K. Kendati demikian, seperti Mate 40 Pro, kualitas terbaiknya dihasilkan pada resolusi 4K 30 fps. Hasil pengujian DxOMark selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com