Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Ponsel untuk Main Game, Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 07/01/2021, 10:00 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bermain game lewat smartphone saat ini sudah menjadi aktivitas rutin bagi sebagian orang. Untuk bermain game dengan kualitas grafis dan kinerja yang cepat, tentunya dibutuhkan perangkat smartphone yang mumpuni, terutama dari segi hardware.

Vendor smartphone pun kini berlomba-lomba menciptakan ponsel yang mampu
mengakomodasi kebutuhan gaming, termasuk Vivo.

Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan bahwa ponsel-ponsel Vivo seperti V20 Series, X50 Series, dan Y51 hadir dengan beberapa fitur game, teknologi, serta performa yang dusesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Baca juga: Menilik Fitur-fitur Pendukung Aktivitas Harian di Smartphone Vivo

"Saat ini, kebutuhan smartphone yang tidak hanya mendukung aktivitas harian, namun juga
entertainment seperti untuk bermain game menjadi salah satu faktor penting," kata Edy dalam keterangan tertulis Vivo, Kamis (7/1/2021).

Aspek apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih ponsel untuk bermain game? Untuk mempermudah pertimbangan konsumen, Vivo membagikan sejumlah tips soal itu. Selengkapnya sebagai berikut.

RAM dan memori internal lega

RAM digunakan ponsel untuk memuat aplikasi--termasuk game--yang dijalankan. Untuk memastikan game bisa berjalan mulus, kapasitas RAM harus mencukupi.

Sementara, memori internal digunakan untuk menyimpan data instalasi game. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula aplikasi dan game yang bisa disimpan.

Vivo memiliki seri ponsel dengan RAM 8 GB dan internal storage 128 GB yang mencukupi untuk kegiatan bermain game, yakni Vivo X50 Series, Vivo V20 Series, dan Vivo Y51.

Baca juga: Vivo Y20 (2021) Resmi Meluncur dengan Helio P35

Vivo turut membekali seri ponsel tersebut dengan fitur Ultra Game Mode yang berfungsi untuk menghentikan gangguan seperti notifikasi atau telepon masuk saat pengguna sedang bermain.

Ada juga fitur Multi-Turbo 3.0 yang mampu mendinginkan suhu ponsel dengan cepat dan memaksimalkan kinerja ponsel.

Kapasitas baterai besar

Kapasitas baterai merupakan salah satu faktor utama yang menentukan berapa lama ponsel bisa menyala. Ini menjadi lebih penting ketika ponsel dipakai bermain game.

Sebab, aplikasi game menguras sumber daya ponsel. Pemakaian daya baterai pun meningkat sehingga perangkat lebih cepat low batt.

Agar tak lekas kehabisan daya, pilihlah ponsel yang memiliki baterai berkapasitas setidaknya 4.000 mAh. Akan lebih baik lagi jika ponsel ikut mendukung kemampuan fast charging untuk mempersingkat waktu pengisian baterai.

Berikut ini lima ponsel Vivo yang hadir dengan kapasitas baterai besar serta dukungan fitur Fast Charging di dalamnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com