Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

App Store Catat Rekor Belanja Terbanyak Saat Tahun Baru 2021

Kompas.com - 08/01/2021, 09:09 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen Natal dan Tahun Baru 2021 nampaknya membawa berkah tersendiri bagi toko aplikasi milik Apple iOS, App Store. Pelanggan App Store di seluruh dunia menghabiskan 540 juta Dollar AS (sekitar Rp 7,5 triliun) pada Tahun Baru 2021.

Menurut Apple dalam sebuah laporan di situsnya, angka tersebut mencetak rekor belanja dengan nilai terbanyak dalam satu hari.

"Nilai belanja barang dan layanan digital selama Natal hingga Tahun Baru mencapai 1,8 miliar Dollar AS (sekitar Rp 25,2 triliun), sebagian besar didorong oleh pengeluaran untuk game," tulis Apple.

Baca juga: Apple Gagal Tuntut Pembuat iPhone Kloningan

Tingginya nilai belanja konsumen di App Store itu tak lepas dari pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah.

Sejumlah aktivitas yang dilakukan diantaranya yaitu bermain game, belajar dan bekerja online, seta menonton streaming film atau serial TV.

Beberapa aplikasi yang populer di tahun 2020 juga didominasi oleh aplikasi yang mendukung gaya hidup di masa pandemi, seperti misalnya aplikasi video conference Zoom dan layanan streaming film Disney Plus.

Baca juga: Akun Facebook Resmi Apple Belum Centang Biru, Ini Alasannya

Sementara, predikat sebagai aplikasi game terbaik di App Store pada tahun 2020 diraih oleh Game Role Playing Game (RPG), Genshin Impact.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple News Room, Jumat (8/1/2021), platform milik Apple lainnya juga berhasil menarik perhatian pengguna sepanjang tahun 2020, seperti Apple Music, Apple TV,  Apple News, Apple Arcade, Apple Books, dan Apple Podcast.

Pendapatan App Store sejak tahun 2008 hingga 2021 tercatat sudah lebih dari 200 miliar Dollar AS (sekitar Rp 2.812 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com