Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Tampilkan Titik Jatuh Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Kompas.com - 10/01/2021, 09:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat Boeing 737-500 Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 dilaporkan hilang kontak setelah empat menit lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada Sabtu (9/1/2021) sore.

Pesawat dengan registrasi PK-CLC tersebut melayani rute Jakarta-Pontianak. Pesawat yang lepas landas pukul 14.36 WIB itu seharusnya tiba pada pukul 15.15 di Bandara Soepadio, Pontianak.

Sriwijaya Air SJ 182 dinyatakan hilang kontak pada 14.40 WIB. Pesawat ini diduga kuat jatuh di kawasan perairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Baca juga: FAA Ingatkan Bahaya Pesawat B737 yang Disimpan Lama

Atas kejadian tersebut, Google menampilkan informasi terkait Sriwijaya Air SJ 182 di layanan peta digital Maps.

Menurut pantauan KompasTekno, Minggu (9/1/2021) pagi, titik yang diduga jatuhnya pesawat SJ 182 sudah muncul di Google Maps dengan simbol SOS alert.

Jika membuka Google Maps dan mengarahkannya ke perairan di atas wilayah Tangerang, akan muncul simbol SOS berupa tanda seru berwarna merah dengan keterangan "insiden pesawat Sriwijaya AIr".

Simbol tersebut bisa dilihat ketika membuka aplikasi Google Maps di smartphone atau PC/laptop menggunakan browser melalui tautan ini.

Jika simbol SOS itu diklik, pengguna akan diarahkan menuju laman yang memuat berbagai informasi terbaru terkait kecelakan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ini.

Terdapat dua nomor hotline Sriwijaya Air yang bisa dihubungi untuk mengetahui perkembangan kecelakaan tersebut, 021-8063-7816 dan 021-8063-7817.

Baca juga: Sriwijaya Air SJ182 Turun 3.000 Meter Kurang dari Satu Menit

Selain itu, pengguna juga disajikan berbagai pilihan berita dari berbagai media Indonesia untuk mendapatkan update terkait kecelakaan ini. Pengguna juga bisa membagikan SOS alert ini kepada pengguna lainnya.

Informasi terkait bencana yang ditampilkan dalam SOS Alert kerap ditampilkan Google di layanan peta digital, Maps. SOS Alert tercatat pernah dimunculkan saat banjir di Jakarta pada awal 2020 dan gempa di Palu-Donggala tahun 2018.

Lokasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 muncul di google maps dengan simbol SOS alert.KompasTekno Lokasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 muncul di google maps dengan simbol SOS alert.

Baca juga: Posisi Terakhir Sriwijaya Air SJ182 yang Hilang Kontak Terekam Flightradar24

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com