Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Media Sosial dan Layanan Online yang Memblokir Donald Trump

Kompas.com - 11/01/2021, 18:45 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNN,Axios

KOMPAS.com - Donald Trump masih menjadi Presiden Amerika Serikat hingga 20 Januari mendatang. Namun, dalam hari-hari terakhirnya sebagai pemimpin negara adidaya tersebut,  Trump justru dibuat tak berdaya di media sosial.

Sejak kerusuhan di gedung parlemen AS Capitol, Washington DC, 6 Januari 2021 lalu, beberapa media sosial membatasi akun Trump karena ada konten unggahannya dinilai berpotensi memantik kekerasan, dan karena itu melanggar ketentuan.

Langkah awal dimulai oleh Twitter yang mengunci akun Trump selaman 12 jam setelah meminta Trump menghapus tiga twit yang dinilai menghasut kerusuhan di Capitol. Facebook menyusul menangguhkan akun Trump di jejaringnya, berikut Instagram, selama 24 jam. 

Baca juga: Ini Isi Twit Trump Setelah Akun Twitter-nya Dimatikan 12 Jam

Trump sempat mengunggah twit lewat akun resmi Presiden AS, @POTUS. Kicauan tersebut berisi ungkapan kekecewaan setelah akun pribadinya diblokir oleh Twitter secara permanen.

"Kami telah bernegosiasi dengan beberapa situs dan akan memberikan pengumuman penting segera, sementara kami juga menyiapkan platform sendiri di masa depan," ujar Trump dalam twit yang tak berapa lama juga lenyap di Twitter.

Diblokir permanen

Facebook dan Twitter kini telah mengangguhkan akun Donald Trump secara permanen. Tak berselang lama, beberapa media sosial dan layanan lain juga melakukan langkah yang sama

Reddit, Twitch, Shopify, dan Google, YouTube, Snapchat, TikTok, Apple, Discord, Pinterest, Amazon Web Service, hingga Stripe adalah deretan media sosial dan layanan yang memblokir akun Trump dan apapun yang berafiliasi dengannya.

Forum online Reddit memblokir grup sub-reddit "r/DonaldTrump" yang digunakan sebagai forum kampanye pendukung Trump.

Baca juga: Twitter Tutup Permanen Akun Donald Trump

Kemudian platfrom streaming Twitch juga memblokir kanal Trump dan mengatakan bahwa langkah itu diperlukan untuk melindungi komunitas dan mencegah platform digunakan untuk mendukung kekerasan.

Twitch juga pernah memblokir kanal tersebut secara sementara pada bulan Juni lalu ketika aksi Black Lives Matter digaungkan.

Snapchat turut menon-aktifkan akun Trump sejak Rabu pekan lalu karena dinilai menggaungkan ujaran kebencian dan kekeasan. Snapchat juga tidak lagi mempromosikan akun Trump di seksi "Discover".

Aplikasi berbagi video pendek asal China yang beberapa bulan ini berseteru dengan Trump, TikTio ikut menghapus konten-konten berbau kerusuhan di Capitol. Tiktok menghapus video yang dibubuhi tagar #stormcapitol, #patriotparty, #stophesteal, dan #QAnon.

Discord, aplikasi chatting para gamer memblokir server "The Donald" karena terhubung dengan forum online terbuka pendukung Trump bernama "TheDonald.Win" yang digunakan untuk menghasut kekerasan dan merencanakan pemberontakan bersenjata di AS.

Pinterest membatasi peredaran konten yang menggunakan tagar terkait pendukung Trump, seperti #StopTheSteal. Pembatasan itu sudah berlangsung sejak November. Platform virtual pinboard itu sebisa mungkin menghindari konten bernuansa politik.

Halaman:
Sumber CNN,Axios


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com