Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Umumkan 4 Seri Prosesor Terbaru untuk Desktop dan Laptop

Kompas.com - 12/01/2021, 14:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021 pekan ini, Intel mengumumkan empat keluarga prosesor (CPU) terbaru untuk komputer desktop dan laptop.

Keempatnya adalah seri Core vPro, Core H, Core S Rocket Lake, serta Pentium dan Celeron N Series yang diperkenalkan oleh Executive Vice President and General Manager Client Computing Group Intel, Gregory Bryant.

Baca juga: Setelah 14 Tahun, AMD Akhirnya Ungguli Intel

Dalam sebuah kicauan yang diunggah ke Twitter, Bryant menjanjikan bakal ada lebih dari 500 model komputer desktop dan laptop berbasis keempat keluarga prosesor tersebut, untuk dirilis pada tahun ini.

"Hari ini di CES 2021, kami (Intel) menunjukkan visi kami yang menjadi nyata," kicau Bryant.

Core H Generasi ke-11 untuk laptop gaming

Keluarga prosesor yang satu ini ditujukan untuk laptop gaming. Core H generasi ke-11 menjanjikan laptopbisa dibuat hanya setebal 16mm meskipun memiliki kinerja tinggi untuk menjalankan game.

Prosesor dalam seri ini memiliki clock speed turbo hingga 5 GHz, mendukung PCI Express 4.0, Wi-Fi 6, Thunderbolt 4, serta diklaim bisa menjalankan game di resolusi 4K dengan mulus.

Ilustrasi fitur di keluarga prosesor Intel Core H Generasi ke-11Intel Ilustrasi fitur di keluarga prosesor Intel Core H Generasi ke-11

Intel menyebutkan bahwa sudah ada lebih dari 40 laptop dari para rekanan seperti Dell, HP dan Lenovo, serta Acer, Asus, MSI, dan Vaio yang akan menggunakan prosesor seri Core H generasi ke-11.

Pentium Silver dan Celeron N-Series baru

Seri Pentium Silver dan Celeron N-Series terbaru ditujukan untuk pasaran perangkat untuk edukasi, seperti Chromebook.

Dengan arsitektur 10nm, keduanya diklaim memiliki kinerja keseluruhan lebih tinggi 35 persen dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, serta performa olah grafis 78 persen lebih gegas.

Baca juga: Daftar Laptop yang Ditenagai Prosesor Intel Tiger Lake di Indonesia

Khusus untuk Chromebook, peningkatan kinerja yang dihasilkan menurut Intel bisa mencapai 144 persen. Intel turut mengklaim bahwa laptop pun bisa dipakai untuk "belajar seharian tanpa perlu charging".

Core Rocket Lake-S untuk high-end

Prosesor dengan kode nama "Rocket Lake-S" merupakan keluarga Intel Core Generasi ke-11 yang ditujukan untuk komputer desktop high-end. Rocket Lake-S disebut memiliki kinerja instruction per cycle (IPC) 19 persen lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Satu model dari keluarga prosesor baru ini yang telah diperkenalkan adalah Core i9-11900K yang memiliki 8 core CPU (16 thread) dengan kecepatan single core turbo hingga 5,3 GHz atau all-core turbo hingga 4,8 GHz.

Satu proseosr dari keluarga Rocket Lake-S, Intel Core i9-11900KIntel Satu proseosr dari keluarga Rocket Lake-S, Intel Core i9-11900K

Dijanjikan rilis pada kuartal-I 2020, Core i9-11900K diklaim lebih kencang dibandingkan prosesor desktop pesaingnya dari AMD, Ryzen 5900x, dalam menjalankan sejumlah game.

Core dan Evo vPro Generasi Ke-11

Jajaran prosesor yang dirancang untuk lingkungan korporasi, Core vPro dan Evo vPro untuk laptop, ikut diperbarui dengan arsitektur prosesor generasi ke-11 berbasis proses manufaktur 10nm.

Baca juga: Pengiriman PC Tahun 2020 Catat Rekor Tertinggi

Dibandingkan dengan pendahulunya, VPro Generasi Ke-11 ini diklaim memiliki peningkatan kinerja keseluruhan hingga 19 persen. Performa aplikasi produktivitas seperti Office juga diklaim lebih tinggi hingga 23 persen, sementara kinerja AI meningkat hingga 800 persen.

Core vPro dan Evo vPro Generasi ke-11 turut dibekali pengolah grafis (GPU) Intel Iris Xe serta sudah mendukung standar Wi-Fi 6/6E, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, Selasa (12/1/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TomsGuide


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com