Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S21 Ultra Punya Dua Kamera Telefoto, Ini Alasannya

Kompas.com - 17/01/2021, 10:55 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dari ketiga ponsel di lini Galaxy S21 terbaru Samsung, Galaxy S21 Ultra adalah yang terlengkap. Kamera belakang, misalnya, berjumlah hingga 4 buah, termasuk dua kamera telefoto yang masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Mengapa perlu ada dua buah? Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, mengatakan alasannya adalah untuk meningkatkan kualitas gambar saat pengguna melakukan zooming.

"Dua kamera telefoto ini dihadirkan berdasarkan pemakaian konsumen, ada yg menggunakan zoom untuk menengah (3x), dan juga ada yang jarak jauh (10x)," tutur Taufiq kepada KompasTekno lewat sambungan telepon, Jumat (16/1/2021).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra di Indonesia

Biasanya, teknik pembesaran optis menengah (3x) dipakai untuk pemotretan mode portrait, sedangkan pembesaran optis jarak jauh (10x) digunakan untuk melihat detail obyek di kejauhan.

Dengan menggunakan dua tingkat zoom berbeda, maka hasil foto akan lebih bagus di tingkat zoom menengah (3x) dan jauh (10x) karena merupakan hasil zoom optis, bukan pembesaran digital dari kamera wide atau kamera telefoto dengan jangkauan lebih pendek.

Adapun untuk spesifikasinya, kedua kamera telefoto ini sama-sama beresolusi 10 MP. Lensa yang digunakan berbeda, yakni dengan focal length 70mm (ekuivalen full frame) dan aperture f/2.4 untuk telefoto 3x, dan focal length 240mm f/4.9 untuk telefoto 10x.

Baca juga: S Pen Kini Hadir Di Galaxy S21 Ultra, Bagaimana Nasib Galaxy Note?

Dengan jangkauan zoom optis 10x (dibanding kamera utama), kamera telefoto Galaxy S21 pun bisa melakukan pembesaran digital dengan lebih baik ketimbang kamera telefoto Galaxy S20 sebelumnya, meskipun resolusinya kalah besar (10 MP berbanding 48 MP).

Sebab, kamera telefoto Galaxy S21 memulai di titik zoom yang lebih besar, yakni 10x, dibandingkan kamera telefoto Galaxy S20 yang mulai di 4x. Galaxy S21 pun hanya perlu melakukan pembesaran digital dengan lebih sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com