Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charger dan Earphone Bakal Dihilangkan dari Kemasan Ponsel Samsung

Kompas.com - 21/01/2021, 14:12 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber phonearena

KOMPAS.com - Samsung mengikuti langkah Appletidak menyertakan charger dan earphone di kemasan ponsel flasghip Galaxy S21 dengan alasan mengurangi sampah elektronik.

Ke depan, bukan hanya Galaxy S21 saja yang datang tanpa dua aksesori itu, tapi juga ponsel-ponsel lainnya dari Samsung. Rencana tersebut diungkapkan langsung oleh President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh.

"Kami berusaha untuk menghilangkan kedua aksesori tersebut agar lebih ramah lingkungan, sehingga tidak memerlukan banyak bahan untuk membuat kotak kemasan," ungkap Roh dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Kamera Trio Samsung Galaxy S21, Apa yang Baru dan Beda?

"Kebijakan ini mungkin juga membawa dampak baik bagi konsumen yang menganggap bahwa charger bukanlah aksesoris yang harus disertakan dalam kotak kemasan," lanjutnya.

Dengan demikian, kalau belum punya, konsumen harus menyediakan budget ekstra untuk membeli charger dan earphone secara terpisah, terutama untuk bisa menggunakan fitur khusus seperti fast charging

Meski harganya mencapai lebih dari Rp 20 juta, Galaxy S21 adalah lini ponsel pertama dari Samsung yang datang tanpa charger dan earphone.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (20/1/2021), Samsung hanya menyertakan kabel USB-Type C dalam kotak penjualan Galaxy S21 reguler, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

Baca juga: Harga Charger Orisinil Samsung Galaxy S21 di Indonesia Jika Dibeli Terpisah

Perusahaan asal Korea Selatan itu beralasan bahwa sejumlah pengguna smartphone Galaxy sudah memiliki kabel Type-C, sehingga aksesori charger lama bisa digunakan untuk mengisi daya Galaxy S21.

Untuk pengguna yang membutuhkan charger, Samsung menjualnya secara terpisah dengan harga mulai Rp 299.000 untuk versi 25 watt tanpa kabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber phonearena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com