Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMGC 2020 Finals Resmi Digelar, Ini Jadwal Turnamen dan Hasil Klasemen Hari Pertama

Kompas.com - 22/01/2021, 12:19 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Turnamen e-sport yang paling bergengsi di game PUBG Mobile, yaitu PUBG Mobile Global Championship (PMGC) Season Zero 2020 telah mencapai puncaknya.

Ajang PMGC 2020 Finals yang memperebutkan hadiah total 1,2 juta dolar AS (sekitar Rp 16,8 miliar) ini pada awalnya dijadwalkan untuk digelar secara meriah di Coca-Cola Arena, Dubai pada tanggal 21 - 24 Januari 2021.

Namun, karena ada sejumlah pemain yang terdampak Covid-19, turnamen ini dipindahkan ke suatu venue isolasi yang didukung dengan dedicated server pada tanggal yang sama.

Di PMGC 2020 Finals ini, ada 16 tim PUBG Mobile terbaik dunia yang bakal bertanding untuk memperebutkan hadiah utama senilai 700.000 dolar AS atau setara dengan Rp 9,8 miliar.

Keenambelas tim dari berbagai negara ini sebelumnya telah melewati serangkaian proses kualifikasi yang digelar sejak 24 November lalu. Ada pun dua tim yang lolos kualifikasi berasal dari Indonesia, yaitu Bigetron Red Aliens (RA) dan Aerowolf LIMAX.

Turnamen ini sendiri akan berlangsung selama empat hari dan dimulai tiap pukul 14.25 waktu Dubai (GMT+4) atau pukul 17.25 WIB. Tiap harinya, seluruh tim akan beradu kemampuan dalam enam pertandingan.

Baca juga: PUBG Mobile Musim Ke-17 Dimulai, Bawa Mode Baru Runic Power

Klasemen hari pertama PMGC 2020

Hari pertama final PMGC 2020 sendiri usai digelar, Rabu (21/1/2021) malam lalu. Walhasil, klasemen turnamen sementara kini sudah bisa diketahui.

Apabila menilik tabel klasemen di postingan akun @EsportsPUBGM di atas, BTR RA dan Aerowolf LIMAX tampak belum tampil dengan prima di hari pertama. Sebab, keduanya masih berada di bawah posisi 10 besar.

Dari enam pertandingan, BTR RA hanya mampu meraup total 15 poin, 4 poin dari placement (ranking tim dalam setiap pertandingan) dan 11 poin dari kill (didapat dari "membunuh" pemain lain).

Skor ini menempatkan BTR RA di posisi terbawah (ke-16) dalam klasemen PMGC 2020 Finals.

Sementara Aerowolf LIMAX berhasil duduk di posisi ke-13 dengan total 32 poin, di mana 18 poin berasal dari placement dan 14 poin dari kill.

Meski masih belum bisa menyaingi tim di posisi teratas, masih ada 3 hari atau 18 pertandingan lagi yang bisa dimanfaatkan BTR RA dan Aerowolf LIMAX untuk mengumpulkan poin demi merangkak naik ke puncak klasemen.

Baca juga: Turnamen E-sports IGC 2020 Diklaim Beda dengan Kompetisi Lain, Seperti Apa?

Nah, bagi para penggemar yang ingin mendukung perwakilan dari Indonesia ini, mereka bisa menonton siaran langsung (live streaming) PMGC 2020 Finals di sejumlah kanal resmi yang tersedia.

Di Indonesia, live streaming turnamen kelas dunia ini bisa ditonton melalui kanal resmi PUBG Mobile Indonesia di YouTube atau melalui laman resmi PUBG Mobile Esports Indonesia di Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com