Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menyembunyikan Status "Online" di Telegram

Kompas.com - 24/01/2021, 16:43 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas aplikasi pesan instan Telegram tengah meroket di tengah pandemi. Hingga pekan kedua Januari ini saja, Telegram telah berhasil ketambahan 500 juta pengguna aktif bulanan.

Hal ini merupakan imbas dari keputusan WhatsApp, yang belakangan mengenalkan kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru kepada penggunanya.

Sekilas, Telegram menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan WhatsApp. Pengguna dapat mengirimkan pesan berupa teks, video, gambar, hingga beragam emoji bergerak.

Selain itu, serupa dengan WhatsApp, Telegram juga dapat menampilkan informasi status online pengguna. Informasi tersebut akan muncul ketika pengguna mengguna aplikasi Telegram, baik saat berkirim pesan maupun sekadar membaca pesan-pesan yang diterima.

Baca juga: Apple Digugat Gara-gara Telegram

Namun, ada kalanya pengguna tidak ingin statusnya diketahui orang lain dengan alasan privasi. Nah, status "online" di Telegram juga bisa disembunyikan seperti WhatsApp.

Selengkapnya, berikut merupakan cara menyembunyikan notifikasi last seen di Telegram sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GadgetsNow, Minggu (24/1/2021).

Cara menyembunyikan last seen di TelegramKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menyembunyikan last seen di Telegram
Pertama-tama, buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada ponsel Anda. Kemudian, pilih ikon berbentuk tiga garis yang terletak di sisi kiri atas aplikasi.

Klik menu Settings dan pilih opsi Privacy and Security. Setelah memilih opsi Privacy and Security, klik opsi Last Seen & Online yang terdapat pada sub-menu Privacy.

Selanjutnya, pengguna dapat bebas memilih siapa yang bisa melihat status online dari pengguna. Pengguna bisa memilih opsi My Contacts apabila ingin mengaktifkan status pada penerima yang sudah terdaftar di kontak.

Sebaliknya, pengguna juga dapat menonaktifkan status online sepenuhnya dengan cara memilih opsi "Nobody".

Baca juga: Tinggalkan WhatsApp, Lebih Baik Pilih Signal atau Telegram?

Apabila pengaturan sudah selesai dilakukan, lanjutkan dengan klik ikon "centrang" yang terletak di sisi kanan atas aplikasi

Akan muncul sebuah notifikasi yang mengonfirmasikan bahwa pengaturan akan segera diaplikasikan. Pengguna cukup klik tombol Ok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com