Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Jual Kembali Ponsel Android Turun 2 Kali Lebih Cepat Dibanding iPhone

Kompas.com - 26/01/2021, 08:07 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, Android dan iPhone adalah dua platform smartphone paling populer saat ini. Harga jual masing-masing ponsel pun terus bersaing dengan mengikuti kebutuhan pasar dari setiap negara.

Tak hanya harga jual ponsel baru, harga jual ponsel bekas keduanya pun menjadi perhatian konsumen. Soal harga jual kembali ini, ada sedikit perbedaan antara Android dan iPhone.

Ponsel bikinan Apple selama ini menunjukkan kecenderungan harga yang meningkat dan hanya mengalami sedikit penurunan harga, apabila ingin dijual kembali.

Hal ini berbanding terbalik dengan ponsel Android, di mana harga jual kembali ponsel ini memiliki kecenderungan penurunan harga yang tinggi.

Baca juga: Minat Beli Ponsel Bekas, Perhatikan Hal-hal Ini

Berdasarkan riset yang dirilis oleh situs komparasi harga ponsel, BankMyCell, penurunan harga jual kembali smartphone Android ternyata dua kali lebih cepat dibandingkan iPhone.

Data yang dirilis merujuk pada ponsel Android dan iPhone yang memiliki banderol harga di atas 700 dollar AS atau sekitar Rp 9,8 juta.

Grafik penurunan harga jual ponsel Android dan iPhoneBankMyCell Grafik penurunan harga jual ponsel Android dan iPhone

Berdasarkan hasil riset, harga jual ponsel Android selama satu tahun pertama, turun mencapai 33,62 persen, dibandingkan iPhone yang turun 16,70 persen.

Kemudian pada tahun kedua setelah pembelian, harga ponsel Android turun drastis hingga 61,50 persen. Sedangkan harga iPhone hanya mengalami penururan sekitar 35,70 persen.

Empat tahun berselang, harga ponsel Android bekas terus menurun di angka 81,11 persen dan iPhone sekitar 66,43 persen.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (26/1/2021), merek seperti HTC, Motorola, dan Sony adalah tiga vendor yang mengalami penurunan harga tertinggi di tahun pertama, yaitu masing-masing 53,08 persen, 42,57 persen, dan 39,51 persen.

Baca juga: Bisnis Ponsel Bekas Tumbuh Lebih Besar dari Ponsel Baru

Menurut BankMyCell, iPhone, Nokia, dan LG adalah tiga merek yang penurunan harga jual kembalinya paling lambat dibandingkan beberapa merek lainnya.

Sebut saja Samsung, hanya dalam waktu sembilan bulan, harga Samsung Galaxy S20 bekas di pasaran turun mulai dari 34,78 persen setelah pembelian. Sementara harga iPhone 11 bekas turun mulai dari 12,84 persen selama satu tahun pertama.

Terlepas dari hal itu, para vendor sekelas Apple dan Samsung memang selalu menaikkan harga ponselnya setiap kali merilis seri ponsel baru.

Keduanya pun seolah menciptakan kelas konsumen anyar untuk pasar mereka, yakni high-end. Kelas ini menjadi mesin profit sendiri bagi vendor.

Baca juga: Cara Membedakan iPhone Palsu, Refurbished, dan Rekondisi

Jika diamati, ponsel high-end dalam setahun terakhir banyak yang menawarkan kapasitas RAM dan ROM yang besar. Hal tersebut ternyata berpengaruh pada permintaan storage dan memicu kenaikan harga.

Selain memori, smartphone high-end juga bersaing dalam keunggulan kamera. Beberapa vendor kini semakin gencar menawarkan ponsel dengan spesifikasi mumpuni di sektor fotografi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com