Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Lens Kini Bisa Terjemahkan Bahasa Secara Offline

Kompas.com - 28/01/2021, 15:44 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Ada yang baru dari aplikasi penerjemah Google Lens. Aplikasi besutan Google tersebut kini bisa digunakan untuk menerjemahkan teks secara offline tanpa sambungan internet.

Untuk bisa menggunakan fitur terbaru ini, pengguna wajib melakukan pembaruan aplikasi ke versi terbaru. Meski demikian, pembaruan ini hanya tersedia untuk Android saja.

Untuk mulai menerjemahkan kalimat, pengguna bisa membuka aplikasi Google Lens dan menggeser opsi menjadi "Translate".

Pilihan bahasa yang tersedia juga bisa diganti melalui menu bahasa yang terletak di sisi atas layar. Apabila ingin menerjemahkan kalimat secara offline, pengguna wajib mengunduh paket bahasa yang diinginkan terlebih dahulu.

Baca juga: Google Lens Terbaru Bisa Kerjakan Soal Matematika

KompasTekno mencoba mengunduh opsi Bahasa Indonesia dengan menekan tombol "unduh". Tombol ini bisa ditemukan di sisi kanan daftar pilihan bahasa.

 

Setelah tombol tersebut ditekan, akan muncul sebuah notifikasi yang menunjukkan ukuran file bahasa dan kapasitas ruang penyimpanan yang tersisa di ponsel.

Cara mengunduh bahasa pada aplikasi Google LensKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengunduh bahasa pada aplikasi Google Lens

Adapun ukuran file yang harus diunduh terbilang kecil, yakni sebesar 48 MB untuk pilihan Bahasa Indonesia. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (28/1/2021), setelah bahasa berhasil diunduh, pengguna bisa menjalankan Google Lens secara offline. Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke teks atau tulisan yang ingin diterjemahkan.

Selanjutnya, Google Lens akan secara otomatis menerjemahkan kalimat yang tertangkap oleh kamera. Hasil terjemahan tersebut akan secara otomatis "menimpa" teks bahasa yang sebelumnya berbahasa asing.

Baca juga: Google Lens Bisa Salin Tulisan Tangan Sebagai Teks Digital

Seperti Google Translate, hasil teks yang sudah diterjemahkan juga bisa disimpan oleh pengguna. Untuk menyimpan teks hasil terjemahan, pengguna cukup mengetuk tombol "Copy all" pada kolom yang tersedia.

Selain bisa disimpan, pengguna juga dapat langsung membuka teks yang sudah disalin melalui aplikasi Google Translate. Caranya, pengguna hanya perlu mengetuk tombol "Open in Translate".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com