Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Umumkan Jadwal MIUI 12.5 untuk Global

Kompas.com - 01/02/2021, 14:35 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pada akhir Desember 2020 lalu, Xiaomi telah memperkenalkan sistem antarmuka (UI) terbarunya, yaitu MIUI 12.5. Pengguna Xiaomi di China mendapat kesempatan pertama untuk menggunakannya.

Secara bertahap, Xiaomi menyebarkan MIUI 12.5 untuk ponsel-ponsel Xiaomi yang mendukung, mulai dari Redmi Note 9 hingga Mi 10 Pro. Sedangkan, ponsel Xiaomi versi global alias yang dipasarkan di luar China masih harus menunggu.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12.5

Kabar terbaru, sistem antarmuka Xiaomi ini akan hadir dalam waktu dekat untuk pasar global.

Lewat sebuah unggahan yang dipublikasi melaluia Facebook, Xiaomi mengonfirmasi bahwa MIUI 12.5 akan diluncurkan secara global pada 8 Februari mendatang.

Unggahan tersebut dibagikan Xiaomi dalam bentuk poster yang bertuliskan kalimat "MIUI 12.5 Launch Event, 8 Februari 2021".

Xiaomi umumkan tanggal peluncuran MIUI 12.5 secara globalgizmochina.com Xiaomi umumkan tanggal peluncuran MIUI 12.5 secara global

Pada tanggal tersebut, Xiaomi kemungkinan akan menggulirkan versi stabil (stable) dari MIUI 12.5 untuk ponsel di luar China.

MIUI 12.5 merupakan penerus dari MIUI 12 yang telah dirilis pada Mei 2020 lalu. MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah fitur baru dan fokus pada bagian desain serta diklaim memberikan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Secara desain, tampilan MIUI 12.5 membawa sejumlah perubahan. Xiaomi memberikan efek transisi yang mirip seperti sistem operasi iPhone, iOS.

Baca juga: Xiaomi MIUI 12.5 Resmi Meluncur, Punya Fitur Mirip iOS

Aplikasi bawaan (bloatware) pada MIUI 12.5 juga diklaim lebih sedikit dibanding sistem antarmuka lainnya yakni hanya sembilan aplikasi. Jumlah ini lebih sedikit ketimbang milik iOS 14.2.1 dengan 11 aplikasi bawaan.

Dari segi keamanan, MIUI 12.5 membawa mekanisme baru untuk meningkatkan privasi pengguna. Pengguna akan diberikan kontrol lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasinya.

Ada juga fitur "Super Wallpaper" yang bisa dipakai pengguna untuk menghiasi latar belakang (background) ponsel dengan gambar bertemakan pegunungan, seperti Siguniang Mountain, Shipwreck Bay, dan Blade’s Edge Mountain.

MIUI 12.5 diklaim memiliki konsumsi daya yang 25 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (1/2/2021), penggunaan memori di background juga diklaim berkurang hingga 35 persen.

Kendati begitu, Xiaomi belum mengumumkan perangkat apa saja yang akan kebagian pembaruan MIUI 12.5 global versi stabil (stable) nantinya.

Sebelumnya pada 30 Desember 2020 lalu, Xiaomi telah merilis MIUI 12.5 versi Closed Beta tahap pertama untuk beberapa perangkat yang kompatibel.

Baca juga: Smartphone Lipat Xiaomi Tertangkap Menggunakan MIUI 12

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com