Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Ikut "Flash Sale" Xiaomi Poco M3, Gugur di Menit Pertama

Kompas.com - 02/02/2021, 13:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi Indonesia baru saja menggelar penjualan kilat (flash sale) perangkat teranyarnya, Poco M3, Selasa (2/2/2021) di e-commerce Lazada.

Penjualan kali ini merupakan flash sale ketiga, setelah vendor asal China tersebut menggelar dua kali flash sale pada tanggal 26 Januari dan 29 Januari.

KompasTekno turut berpartisipasi dalam flash sale ketiga ini, setelah mencobanya pada 26 Januari lalu. Hasilnya, sama seperti flash sale kedua, Poco M3 gagal didapat dan tampak ludes terjual dalam waktu kurang dari 1 menit.

Penelusuran KompasTekno di aplikasi Lazada tepat pukul 10.00 WIB, semua unit Poco M3, baik itu warna maupun varian RAM/storage-nya, terpantau sudah terjual habis. Walhasil, ponsel ini pun tidak bisa dipesan lagi pada jam dan menit yang sama.

Pembelian Poco M3 di flash sale ketiga di Lazada.KOMPAS.com/Bill Clinten Pembelian Poco M3 di flash sale ketiga di Lazada.

Sebelumnya, KompasTekno sudah memantau laman penjualan Poco M3 4 GB/64 GB varian warna Poco Yellow sejak pukul 09.59 WIB.

Tepat pada pukul 10.00 WIB, laman tersebut kami refresh dan ponsel itu bisa kami "beli" dengan menekan tombol "Beli Sekarang".

Beberapa saat kemudian, kami disodori dengan laman checkout untuk memastikan kebenaran alamat pengiriman dan metode pembayaran.

Namun, kami tidak bisa memilih metode pembayaran serta mengeklik tombol "Buat Pesanan" untuk menyelesaikan transaksi.

Sebab, stok dari unit Poco M3 yang kami pilih sudah tidak tersedia lagi, sebagaimana gambar di atas yang mencantumkan status "Barang tidak tersedia".

Varian lain Poco M3 di flash sale ketiga Lazada yang ludes terjual.KOMPAS.com/Bill Clinten Varian lain Poco M3 di flash sale ketiga Lazada yang ludes terjual.

Masih pukul 10.00 WIB, kami pun menjajal untuk memilih varian lainnya, yaitu Poco M3 6 GB/129 GB dengan warna Power Black.

Namun, tombol "Beli Sekarang" tidak ditemukan di laman penjualan varian tersebut dan digantikan dengan tombol "Tambah ke Wishlist", sebagaimana tampak pada gambar di atas. Dengan kata lain, stok ponsel tersebut sudah ludes terjual.

Ada pun proses dari awal pembelian hingga memilih varian lain ini sendiri masih di dalam pukul 10.00 WIB, artinya memang belum lewat dari satu menit.

Baca juga: Sistem Flash Sale dan "Pemaksaan" COD di Balik Insiden Penjualan Poco M3

Berbeda dengan flash sale kedua

Meski gagal meminang Poco M3, KompasTekno mengamati ada sejumlah perbedaan di flash sale ketiga apabila dibandingkan dengan flash sale sebelumnya.

Pada flash sale kedua, misalnya, kami masih bisa melihat metode pembayaran COD karena stok saat itu mungkin masih tersedia. Namun, ketika pesanan hendak diselesaikan, kami malah disodori dengan laman error dan "ditendang" ke laman awal aplikasi Lazada.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com