Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate X2 Meluncur 22 Februari, Kini Layar Melipat ke Luar?

Kompas.com - 03/02/2021, 17:13 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Keberadaan ponsel lipat Mate X2 ini sebenarnya sudah tersiar sejak awal 2020 lalu. Ketika itu, pembocor @RODENT950 mengatakan bahwa Huawei tengah meyiapkan suksesor dari seri Mate X, yang disinyalir bernama Mate X2.

Ia menyebutkan, ponsel lipat ini akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2020. Sayangnya, prediksi tersebut meleset.

Baru-baru ini, Huawei akhirnya resmi mengumumkan tanggal peluncuran ponsel lipat penerus Mate X, bernama Mate X2. Ponsel ini akan dirilis pada 22 Februari 2021 mendatang.

Baca juga: Sikap Terbaru Presiden Biden, Ponsel Huawei Masih Terlarang Pakai Google

Kabar ini disampaikan langsung melalui sebuah unggahan di situs Weibo perusahaan. Dalam postingan tersebut, Huawei juga memberikan teaser foto ponsel lipat penerus seri Mate X tersebut.

Berbeda dari generasi pertama, seri Mate X2 menggunakan desain lipatan dengan layar menghadap ke dalam, mirip seperti desain Samsung Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold 2, sebagaimana dihimpun dari Gadgets Now.

Teaser itu juga memperlihatkan Mate X2 mengusung bezel samping yang lebih tipis ketimbang pendahulunya.

Sebelum tanggal perilisannya resmi diumumkan, ponsel lipat ini diduga telah terlihat lebih dulu di situs web listing China, TENAA, dengan nomor model TET-AN00 dan TET-AN10.

Bocoran soal spesifikasi ponsel ini juga sudah tersiar. Mate X2 dikabarkan akan mengusung layar utama dengan bentang 8,01 inci beresolusi 2.480x 2.200.

Layar sekunder ponsel ini akan berukuran 6,45 inci. Layar Mate X2 akan mendukung refresh rate 120Hz.

Baca juga: Prototipe Ponsel Lipat Apple Seukuran iPhone 12 Pro Max

Untuk sektor fotografi, ponsel lipat ini akan disematkan empat kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP, telefoto 3x 8MP, ultrawide 16 MP, dan kamera AF 12 MP. Sedangkan untuk selfie, Huawei Mate X2 dikabarkan akan dibekali kamera depan 16 MP.

Dari segi dapur pacu, Mate X2 akan menggunakan System-on-Chip (SoC) HiSilicon Kirin 9000 dengan fabrikasi 5 nm besutan perusahaan.

Untuk konektivitas, Mate X2 akan mendukung jaringan 5G, NFC, USB Type-C 3.1, WiFi 802.11, dan Bluetooth 5.1. Sayangnya, ponsel ini tidak akan dibekali dengan audio jack 3,5mm.

Ponsel ini juga akan dibekali dengan side-mounted fingerprint. Ponsel lipat ini akan menjalankan sistem operasi Android 10 dengan dilapisi EMUI 11.

Tanpa GMS?

Karena Huawei masuk daftar enitity list Amerika Serikat, ponsel ini kemungkinan besar tidak akan dibekali dengan Google Mobile Service (GMS), termasuk layanan Gmail, YouTube, Google Maps, Google Play, dan lainnya.

Baca juga: Xiaomi Patenkan 7 Rancangan Ponsel Lipat

Huawei Mate X2 dikabarkan akan dibekali baterai dengan kapasitas 4.400mAh yang sudah mendukung fast charging 66 watt.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (3/2/2021), Huawei Mate X2 akan hadir dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan 512 GB.

Bocoran spesifikasi ini belum tentu benar sepenuhnya, mengingat Huawei sendiri belum mengonfirmasinya. Kita tunggu saja peluncurannya pada 22 Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com