Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah iMessage Hanya Bisa Dipakai di iPhone?

Kompas.com - 04/02/2021, 11:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi mereka yang kurang setuju dengan perubahan kebijakan privasi WhatsApp, iMessage adalah salah satu layanan pesan instan yang disebut bisa menjadi alternatif.

Layanan ini bahkan disebut sebagai rival terberat oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg selaku pemilik WhatsApp. Masalahnya, iMessage dirancang untuk digunakan secara eksklusif di perangkat-perangkat Apple saja.

Baca juga: Mengenal iMessage, Aplikasi Chat dari Apple yang Dianggap Pesaing Berat WhatsApp

Adakah cara untuk mengakses iMessage selain melalui aplikasi Message di iPhone? Ternyata ada, tapi dengan sedikit catatan. iMessage sebenarnya bisa digunakan di aneka perangkat buatan Apple, mulai dari laptop MacBook, tablet iPad, hingga arloji pintar Apple Watch.

Semua pesan dari perangkat-perangkat tersebut dikirimkan melalui layanan perpesanan Apple dengan server sendiri dan dilindungi enkripsi end-to-end.

iMessage tidak tersedia secara resmi di perangkat lain di luar buatan Apple. Namun, pengguna komputer Windows atau Android bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti AirMessage untuk mengakses layanan khusus Apple itu.

Ilustrasi AirMessageAirMessage Ilustrasi AirMessage
Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechAdvisor, Kamis (4/2/2021), sebelum bisa menggunakan AirMessage untuk berkirim pesan iMessage, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Baca juga: Membandingkan Keamanan WhatsApp dan iMessage yang Ditakuti Zuckerberg

Pertama adalah akun iMessage (Apple ID), lalu kedua, komputer Mac yang akan berfungsi sebagai "penengah" antara layanan iMessage dengan perangkat Android. Pesan-pesan iMessage hanya bisa di-dekripsi oleh perangkat Apple. Di sinilah letak peran komputer Mac.

Dengan kata lain, alurnya adalah pesan diteruskan dari AirMessage di ponsel Android ke iMessage di Mac, baru kemudian dihantarkan ke penerima pesan. Begitu juga sebaliknya. Komputer Mac ini pun harus selalu tersambung ke internet.

Aplikasi AirMessage bisa dipasang di perangkat dengan OS Android 6.0 atau yang lebih baru. AirMessage juga bisa diakses lewat peramban, misalnya dari komputer yang menjalankan sistem operasi Windows.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa untuk Chatting di WhatsApp hingga iMessage Sekaligus

Perlu ditambahkan bahwa untuk bisa memakai AirMessage, pengguna harus memasang aplikasi AirMessage Server di komputer Mac yang menjadi perantara.

Aplikasi ini membutuhkan akses Accessibiliy dan Full Disk Access sehingga berpotensi disalahgunakan untuk mengintip pesan atau data di komputer Mac, kendati pembuatnya berjanji tidak akan berbuat demikian.

Aplikasi lain juga tersedia, seperti weMessage dan Beeper, tapi cara kerja mereka lebih kurang serupa dengan Air Message.

Jadi, sebenarnya bisa saja mengakses iMessage dari perangkat selain iPhone, meski caranya sedikit rumit dan berisiko. Cara yang paling mudah dan praktis, tentu saja, adalah dengan membeli perangkat Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com