Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Google Meet Kini Bisa Tes Suara dan Video Sebelum Masuk ke Rapat

Kompas.com - 04/02/2021, 12:33 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Aplikasi video telekonferensi, Google Meet merilis fitur baru bernama Green Room. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat melihat tampilan gambar maupun audio mereka terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam sesi rapat.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa melihat tampilan sosok mereka ketika mulai bergabung dalam ruang rapat virtual.

Baca juga: Google Meet Bisa Ganti Background Video Call, Begini Caranya

Fitur Green Room sendiri berupa halaman khusus untuk menampilkan video dan audio pengguna yang disertai dengan beberapa menu pengaturan di dalamnya.

Fitur Green Room di aplikasi Google Meet9to5google.com Fitur Green Room di aplikasi Google Meet

Lewat fitur ini, pengguna bisa memastikan apakah kualitas gambar, suara, hingga koneksi internet sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Dengan begitu, output video yang nantinya akan ditampilkan bisa sesuai dengan kualitas yang diinginkan oleh pengguna.

Untuk memakai fitur ini, pengguna cukup meng-klik ikon "Check your audio and video" yang berada di bagian tengah bawah halaman utama.

Fitur Green Room di aplikasi Google MeetThe Verge Fitur Green Room di aplikasi Google Meet

Setelah di-klik, nantinya akan muncul halaman berikut sejumlah opsi untuk mengatur kualitas gambar dan audio yang diinginkan.

Green Room juga bisa digunakan untuk merekam sampel video (klip) singkat berdurasi enam detik, guna memastikan penampilan dan suara pengguna sebelum bergabung ke dalam sesi rapat.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (4/2/2021) Google mengatakan bahwa klip tersebut bersifat pribadi untuk pengguna dan tidak akan disimpan di dalam server Google.

Baca juga: Cara Membuat Latar Belakang Jadi Buram di Google Meet Versi PC

Apabila mikrofon, speaker, kamera, dan koneksi internet telah selesai diperiksa oleh sistem, nantinya pengguna akan memperoleh tanda centang hijau sebagai penanda bahwa keempatnya sudah berfungsi dengan baik.

Fitur Green Room kini sudah tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, serta Enterprise Plus, G Suite Basic, Business, Education, Enterprise for Education, dan pelanggan gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com