Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video TikTok Kini Bisa Ditonton di Android TV dan Chromecast

Kompas.com - 04/02/2021, 15:42 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna TikTok hanya bisa menikmati berbagai video pendek di platform tersebut melalui aplikasi di smartphone Android, iOS, dan halaman TikTok.com. Kini, TikTok resmi hadir di perangkat lain, yakni Android TV dan Google Chromecast.

Dari sejumlah laporan, sebagian pengguna di beberapa negara, seperti di Australia dan Inggris, sudah bisa memasang aplikasi tersebut di Android TV mereka masing-masing. Namun, tampaknya belum merata untuk semua pengguna.

Meski masih belum dapat digunakan secara merata oleh semua pengguna, sejumlah laporan tersebut mengumbar beberapa gambar tampilan aplikasi TikTok di Android TV.

Sekilas, tampilan TikTok di TV serupa dengan smartphone. Pada saat membuka aplikasi tersebut, misalnya, pengguna bakal disodorkan dengan satu video TikTok secara acak yang dikurasi dalam kategori "For You".

Baca juga: Pesaing TikTok dari YouTube Ditonton 3,5 Miliar Kali dalam Sehari

Pengguna juga bisa melihat berbagai konten di kategori lainnya, seperti "Following", "Comedy", "Beauty & Fashion", "Sports", "Animals", dan lain sebagainya, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Tampilan aplikasi TikTok di Android TV.9to5Google Tampilan aplikasi TikTok di Android TV.
Untuk navigasi, pengguna TikTok di Android TV dan Chromecast bisa menggunakan tombol kiri atau kanan pada remote control. Fungsi tombol tersebut serupa dengan mengusap layar ke bawah atau ke atas (swipe up/down) seperti di smartphone.

Sementara tombol atas dan bawah dapat digunakan untuk beberapa fungsi, seperti menyukai, mengomentari, melihat komentar video, mengakses profil TikTok sang pengunggah konten, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan login ke dalam akun TikTok di Android TV, pengguna cukup menekan tombol atas pada remote control dan memasukkan kode yang akan muncul di halaman tiktok.com/activate.

Pengguna juga bisa login dengan memindai kode QR yang ada di TV melalui aplikasi TikTok yang terpasang di smartphone masing-masing, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Kamis (4/2/2021).

Perlu dicatat, video yang diunggah di TikTok sendiri sejatinya berformar vertikal (portrait).

Sehingga, apabila ditampilkan di aplikasi TikTok versi Android TV yang notabene mengusung tampilan landscape, maka video akan diletakkan tepat di tengah layar TV. 

Ada pun sisi kanan dan kiri video bakal diisi dengan background video terkait yang diburamkan, seperti ilustrasi gambar di atas.

Baca juga: Celah Keamanan di TikTok Bikin Hacker Bisa Lihat Nomor Ponsel Pengguna

Indonesia belum kebagian

Indonesia sendiri tampaknya belum kebagian. Pasalnya, pantauan KompasTekno di halaman Google Play Store, Kamis (4/2/2021), aplikasi ini belum bisa dipasang di perangkat Android TV yang kami gunakan.

Hal serupa juga dialami oleh sejumlah pengguna di Amerika Serikat. Beberapa laporan mengklaim bahwa TikTok belum bisa dipasang, baik itu di Android TV maupun Google Chromecast.

Belum diketahui kapan aplikasi TikTok bakal tersedia bagi pengguna Android TV dan Google Chromecast secara merata. Kemungkinan besar dalam waktu dekat.

Ilustrasi aplikasi TikTok di situs Google Play Store yang hanya bisa dipasang di smartphone Android.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi TikTok di situs Google Play Store yang hanya bisa dipasang di smartphone Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com