Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menyelamatkan Ponsel yang Tercebur Air

Kompas.com - 06/02/2021, 16:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Wired

KOMPAS.com - Saat ini smartphone menjadi perangkat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari kita. Melalui ponsel, kita sudah bisa melakukan banyak hal, seperti mengambil foto, mencari informasi, bahkan hingga membayar tagihan.

Tak ayal, perangkat serba guna ini selalu dibawa ke mana pun kita pergi. Kadang kala, kecelakaan saat membawa ponsel pun datang di saat yang tak diduga-duga, misalnya ponsel tercebur ke dalam air.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan ponsel yang tercebur air?

Kalian tidak perlu terlalu panik. Dirangkum KompasTekno dari Wired, Sabtu (6/2/2021), ada beberapa tips untuk menyelamatkan ponsel kalian.

1. Segera keluarkan ponsel dari air

Saat ponsel tercebur ke dalam air, baik itu di wastafel, toilet, atau bahkan kolam renang, sebagian besar orang akan merasa panik.

Namun, jangan terlalu lama tenggelam dalam rasa panik kalian. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menyelamatkan ponsel kalian adalah dengan segera mengeluarkannya dari dalam air.

Perlu diingat, semakin lama ponsel berada di dalam air, kemungkinan kerusakannya juga akan semakin besar.

Baca juga: 5 Besar Penguasa Pasar Smartphone Global Kuartal IV-2020

2. Matikan daya

Setelah mengeluarkan ponsel dari air, biasanya kalian akan refleks mengecek apakah ponsel masih berfungsi atau tidak, dengan cara menekan tombol dan mengetuk berbagai aplikasi di ponsel.

Langkah tersebut sebenarnya kurang tepat. Yang perlu kalian lakukan adalah langsung mematikan daya ponsel jika ponsel tersebut masih dalam kondisi hidup setelah tercebur.

Jika ponsel Anda dilapisi dengan casing, segera lepaskan casing tersebut.

Kemudian, jika ponsel masih menggunakan baterai yang bisa dilepas-pasang, keluarkan baterai dari ponsel. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan korsleting.

3. Keringkan ponsel menggunakan handuk

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengeringkan ponsel menggunakan handuk atau kain bersih. Lap seluruh bagian permukaan ponsel hingga kering.

Halaman:
Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com