Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Intel Klaim Prosesornya Lebih Unggul dari Apple M1, Ini Buktinya

Kompas.com - 09/02/2021, 10:59 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah berbagai ulasan dan benchmark antara prosesor Apple M1 dengan prosesor Intel Core Gen-11 ternyata mengunggulkan Apple M1, kini Intel buka suara dengan menyodorkan hasil benchmark versi mereka sendiri.

Menurut benchmark yang dilakukan Intel, prosesor teranyarnya, Intel Core Gen-11 (Tiger Lake) lebih ngebut dibanding Apple M1. Sebagai informasi, Apple M1 adalah prosesor buatan Apple yang menggantikan Intel di lini MacBook keluaran terbaru.

Beragam klaim Intel ini dituangkan dalam sebuah pengujian yang melibatkan MacBook Air M1 dan dua laptop yang dibekali dengan Intel Core i7-1165G7 (RAM 8 GB) dan i7-1185G7 (RAM 16 GB).

Adapun tes yang diuji mencakup tes produktivitas, performa, gaming, daya tahan baterai, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rencana CEO Baru Intel, Kalahkan Prosesor Apple M1

Dalam pengujian produktivitas keseluruhan menggunakan standar tes WebXPRT 3 via browser Chrome, Intel mengklaim prosesor Intel Core i7-1185G7 lebih kencang 30 persen dibanding Apple M1.

Grafik perbandingan performa prosesor Intel Tiger Lake dan Apple M1.TomsHardware Grafik perbandingan performa prosesor Intel Tiger Lake dan Apple M1.

Intel juga menguji performa aplikasi Microsoft Office 365 menggunakan standar penggunaan sehari-hari (real-world usage guideline/RUG). Hasilnya, prosesor milik Intel diklaim lebih ngebut 2,3x dibanding Apple M1.

Untuk kinerja pemrosesan konten, prosesor Intel Core i7-1185G7 diklaim 1,7x lebih cepat dari Apple M1 ketika menggunakan sejumlah fitur export di aplikasi Adobe Premiere Pro.

Gaming lebih mumpuni

Pada pengujian sektor gaming, Intel mengklaim prosesor Tiger Lake mampu menjalankan sejumlah game yang Apple M1 tidak bisa jalankan.

Baca juga: Ini Bukti Prosesor ARM di Windows Kalah Jauh dari Apple M1

Beberapa di antaranya seperti Gears Tactic, Grid 2019, Metro Exodus, Hitman 2, Far Cry Never Dawn, dan masih banyak lagi. Hal ini terbilang wajar lantaran Apple M1 merupakan chip baru, sehingga para pengembang harus menyesuaikan game mereka.

Performa chip Tiger Lake untuk memainkan sejumlah game benchmark sendiri diklaim lebih mumpuni dibanding Apple M1.

Ketika memainkan Total War: Three Kingdoms dan Middle Earth: Shadow of Mordor, prosesor Intel Tiger lake yang dipadu dengan pengolah grafis Intel Iris Xe mampu menjalankan kedua game dengan rata-rata frame rate 60,6 dan 71,2 fps.

Perbandingan prosesor Intel Tiger Lake dengan Apple M1 di sektor gaming.TomsHardware Perbandingan prosesor Intel Tiger Lake dengan Apple M1 di sektor gaming.

Apple M1 sendiri disebut hanya kuat memainkan kedua game tadi di angka rata-rata 46,6 dan 32,2 fps.

Meski demikian, ada beberapa game dalam pengujian yang membuktikan bahwa Apple M1 lebih ngebut, seperti di game Shadow of the Tomb Rider, Hitman, hingga Borderlands 3.

Ketiga game tersebut mampu berjalan di Apple M1 dengan frame rate rata-rata 35, 78, dan 35,7 fps. Di prosesor Intel Tiger Lake, ketiga game hanya mampu berjalan dengan frame rate 32, 59,3, dan 34,6 fps.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com