Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Tesla, Harga Bitcoin Tembus Rekor Baru

Kompas.com - 09/02/2021, 12:47 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal AS, Tesla dilaporkan telah membeli mata uang digital bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 21 triliun) pada Senin (8/2/2021).

Aksi yang dilakukan Tesla itu rupanya turut mendongkrak harga bitcoin hingga 16 persen, menembus ke level tertinggi sepanjang masa (all-time high), dengan harga 45.000 dollar AS (sekitar Rp 630 juta) per koinnya.

Namun harga bitcoin kini sedikit turun dari rekor terbarunya pada Senin lalu. Pengamatan KompasTekno di situs Statista, harga bitcoin berada di angka 38.461 dollar AS saat berita ini ditayangkan.

Dengan berinvestasi ke bitcoin, Tesla bermaksud untuk menawarkan metode pembayaran dalam bentuk aset cryptocurrency kepada konsumen, yang ingin membeli setiap produk mereka.

"Kami berharap untuk mulai menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk produk kami dalam waktu dekat, tunduk pada hukum yang berlaku," kata Tesla, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Tesla Borong Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun, Untuk Apa?

Sebelumnya, Tesla diketahui telah memberikan dampak yang besar kepada industri cryptocurrency. Dikenal aktif di media sosial, CEO Tesla, Elon Musk kerap kali mengunggah twit yang menyebabkan mata uang kripto naik.

Beberapa waktu lalu, Musk sempat mencantumkan tagar #Bitcoin pada bio Twitter pribadinya. Aksi tersebut lantas berhasil membuat harga bitcoin melambung hingga 20 persen.

Harga bitcoin memang terus meningkat sepanjang 2021, karena permintaan dari institusi dan retail juga meningkat.

Meski demikian, mata uang digital tetal dianggap ringkih, karena pada Januari 2021 lalu sempat terjun hingga di bawah 30.000 dollar AS per keping.

Selain bitcoin, Musk juga kerap mendongrak mata uang kripto Dogecoin. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap twit Musk sebagai pertanda atas naiknya nilai mata uang kripto tersebut.

Harga Dogecoin naik 35 persen setelah Musk menuliskan beberapa twit tentang Dogecoin. Dalam waktu 24 jam, harga Dogecoin melesat dari 0,048356 dollar AS ke 0,065448 dollar AS, kenaikan paling tinggi yang pernah dialami Dogecoin.

Baca juga: Elon Musk Beberkan Jumlah Bitcoin Miliknya

Sebelumnya, Musk juga "berjasa" atas kenaikan Dogecoin sebesar 59 persen setelah mengunggah beberapa twit tentang Dogecoin.

Pada 4 Februari lalu, Musk mengunggah Twit berisi utas gambar roket SpaceX yang mengudara dan diikuti unggahan bertuliskan "Doge".

Di hari yang sama, Twit tersebut diikuti dengan postingan lain yang bertuliskan "Dogecoin adalah mata uang kripto masyarakat".

Baca juga: Deretan Twit Elon Musk yang Bikin Bursa Saham Hijau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com