Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fitur Galaxy Buds Pro, Wajib Tahu Sebelum Beli

Kompas.com - 10/02/2021, 14:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertengahan Januari lalu, Samsung tidak hanya meluncurkan trio ponsel Galaxy S21, namun juga earphone True Wireless Stereo (TWS) penerus Galaxy Buds Plus, yang diberi nama Galaxy Buds Pro di acara Galaxy Unpacked.

Kini, perangkat TWS ini sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp 3 juta. Lantas, apa saja fitur-fitur unggulan Galaxy Buds Pro ini? Ada sebagian fitur di Galaxy Buds Pro yang tidak tersedia di Galaxy Buds Plus.

Berikut adalah sembilan fitur unggulan Galaxy Buds Pro yang wajib diketahui sebelum membeli.

Speaker lebih besar

Galaxy Buds Pro memiliki sistem two-ways speaker dan ukuran speaker yang lebih besar dibanding pendahulunya. Pada umummnya, TWS hanya menggunakan satu speaker untuk mengeluarkan suara bass maupun treble karena ukuran bodi yang kecil.

Baca juga: TWS Jabra Elite 85T Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Namun di Galaxy Buds Pro, dua fungsi itu dipisah. Masing-masing speaker berfungsi sebagai speaker bass dan treble. Ukuran speaker juga lebih besar dibanding sebelumnya, di mana woofer memiliki ukuran 11 mm dan tweeter 6,5 mm.

"Speaker yang lebih besar ini berarti tidak hanya mengeluarkan suara lebih besar, tapi juga lebih jernih," jelas Leo Hendarto Marathon, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia dalam acara temu media secara virtual, Rabu (10/2/2021).

3 mikrofon

Galaxy Buds Pro tak hanya mementingkan output suara, namun juga input suara. Karena itu, TWS ini dibekali dengan tiga buah mikrofon.

Dua mikrofon berada di sisi luar earbuds dan satu lagi berada di dalam telinga. Salah satu mikrofon juga bertindak sebagai voice pick up unit, yang bertugas untuk menganalisis suara-suara yang masuk ke seluruh mikrofon.

Setelah dianalisis, mikrofon hanya akan mengambil suara dari si pengguna saja, sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas. Mikrofon juga dilengkapi Wind Shield yang akan mendeteksi dan menyaring suara angin, ketika pengguna berada di luar ruangan.

Intelligent Active Noise Control (ANC)

Ini adalah fitur baru yanng disematkan ke Galaxy Buds Pro. Pengguna bisa mengatur level noice cancelling di aplikasi Wearable Device di smartphone, untuk mereduksi suara bising. Level noise cancelling bisa diatur hingga level tertinggi 99 persen.

Baca juga: Ribuan Earphone TWS OnePlus Disita karena Disangka AirPods KW

"Ini adalah level tertinggi di industri TWS," klaim Leo.

Galaxy Buds ProSamsung Galaxy Buds Pro

Selain itu, Galaxy Buds Pro juga dilengkapi dengan ambient sound. Level ambient sound juga bisa diatur dari level 1-4, di mana pada level 4, suara ambient bisa ditingkatkan hingga 20 desibel.

Dengan kemampuan intelligent ANC, Galaxy Buds Pro akan mendeteksi secara otomatis ketika pengguna sedang mengobrol.

Pada saat sedang mengobrol, intelligent ANC akan otomatis beralih ke ambient sounds, sehingga pengguna bisa lebih mudah mendengar suara lawan bicara tanpa harus mematikan ANC atau mencopot earbuds.

"Kita bisa melakukannya secara mulus tanpa mengaturnya secara manual," kata Leo. Tahan air Galaxy Buds Pro mengantongi sertifikat IPX7 yang diklaim mampu melindungi perangkat dari air, dengan kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com