Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reddit Dapat Suntikan Dana Segar Rp 3,5 Triliun, Efek Saham GameStop Meroket?

Kompas.com - 10/02/2021, 19:24 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Situs forum online Reddit mengumumkan telah mendapat kucuran dana segar dengan angka mencapai 250 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,5 triliun. Investasi Seri E ini masuk setelah fenomena meroketnya saham GameStop yang melibatkan sub-forum Reddit. 

Nilai investasi itu pun menaikkan valuasi Reddit hingga dua kali lipat menjadi 6 miliar dollar AS atau setara Rp 83,9 triliun. Pada Februari 2019 lalu, valuasi Reddit tercatat senilai 3 miliar dollar AS (Rp 41,9 triliun).

Melalui blog resminya, Reddit mengatakan, pendanaan ini berasal dari sejumlah investor lama dan baru. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan ventura asal Dubai, Vy Capital, yang sudah menanamkan modal kepada Reddit sejak beberapa tahun lalu.

CEO Reddit, Steve Huffman, mengatakan bahwa Reddit saat ini merupakan pasar yang tepat untuk meningkatkan pendanaan para investor. 

Baca juga: Anak Elon Musk Ternyata Banyak Belajar dari YouTube dan Reddit

"Valuasi Reddit sekarang sangat tinggi. Tidak ada salahnya ketika ada kesempatan untuk melakukannya, dan tahun ini menjadi tahun yang sangat baik untuk Reddit," jelas Huffman.

Reddit jadi sorotan

Ucapan Steve Huffman di atas bukanlah tanpa sebab. Beberapa waktu belakangan, Reddit memang cukup mendapat sorotan karena turut berpengaruh dalam fenomena meroketnya harga saham perusahaan toko mainan dan video game, GameStop.

Sebagai informasi, harga saham GameStop meroket hampir menyentuh 1.000 persen sejak awal 2021. Padahal, perusahaan ini dianggap tidak memiliki fondasi yang kuat di bursa saham.

Meroketnya harga saham tersebut sejatinya didongkrak oleh langkah para investor pribadi yang tergabung dalam sub-forum Reddit bernama WallStreetBets, untuk membeli saham perusahaan tengah kesulitan.

Anggota sub-forum Reddit ini pernah berbondong-bondong membeli saham BlackBerry (BB), Macy's (M), AMC (AMC), dan yang paling menonjol, GameStop.

Baca juga: Saham GameStop Naik Drastis dan Catat Rekor Baru, Apa Pemicunya?

Para investor pribadi tersebut membeli saham GameStop secara besar-besaran sebagai bentuk perlawanan terhadap investor ritel. Dalam hal ini, anggota WallStreetBets dengan pemain besar di pasar saham, seperti hedge fund.

Belum lagi postingan Twitter pendiri Tesla, Elon Musk yang melontarkan kata "Gamestonk!!" sembari memberikan tautan ke sub-forum Reddit yang membahas seputar jual-beli saham NYSE.

Jumlah pengguna Reddit

Saat ini, Reddit memiliki lebih dari 50 juta pengguna aktif harian. Perusahaan juga mengklaim pendapatan iklan naik 90 persen pada kuartal akhir 2020 lalu.

"Kami (Reddit) melihat bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan investasi strategis di Reddit termasuk video, iklan, produk konsumen, dan ekspansi ke pasar internasional," tulis Reddit dalam blog resminya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com