Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Penyusup di Jaringan WiFi Kita

Kompas.com - 14/02/2021, 18:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apabila Anda memiliki koneksi internet dengan jaringan WiFi sendiri, keamanan jaringan Anda merupakan hal yang penting diperhatikan.

Sebab, orang lain bisa saja mengakses jaringan wireless tersebut dengan berbagai cara demi mendapatkan akses internet, misalnya seperti membobol atau mencoba menebak kata sandi (password) WiFi tersebut.

Nah, ada banyak cara untuk mengetahui siapa atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kita. Salah satu yang paling umum adalah mengunjungi laman admin dari router masing-masing melalui browser internet.

Namun, hal ini bisa dibilang kurang praktis lantaran Anda harus membuka browser dan memiliki akses admin ke laman tersebut.

Alternatif lainnya adalah menggunakan beragam aplikasi pemantau jaringan WiFi yang bisa dipasang di smartphone, seperti Fing - Network Scanner yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store

Menariknya, aplikasi yang juga tersedia di komputer desktop (Windows/Mac) ini bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi, meski kita tidak punya akses ke halaman admin router. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Cara pakai Fing

 

Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools di smartphone Android.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools di smartphone Android.

Pertama-tama, pastikan Anda tersambung dengan jaringan WiFi Anda sendiri. Dalam hal ini, jaringan WiFi KompasTekno bernama "Cilok Mang Oleng".

Lalu, unduh aplikasi Fing dari Google Play Store/App Store. Usai di-download, buka aplikasi tersebut dan klik tombol "Scan for devices".

Setelah dibiarkan beberapa detik, Fing akan menampilkan daftar perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi "Cilok Mang Oleng".

Bisa dilihat pada gambar di atas, ada sekitar 13 perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut, lengkap dengan nama produsen, model perangkat, alamat IP (IP address), dan MAC address-nya.

Anda bisa mengeklik salah satu perangkat yang ada di tampilan ini untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai perangkat tersebut.

Apabila itu bukan perangkat yang dikenal, Anda bisa mencatat nomor MAC address perangkat itu dan memblokirnya di laman admin router yang bisa diakses melalui browser internet.

Memblokir perangkat

Cara memblokir perangkat melalui MAC Filtering.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara memblokir perangkat melalui MAC Filtering.

Untuk memblokir perangkat, pastikan dulu Anda tahu alamat IP router Anda. Nomor IP address router sendiri bisa dilihat melalui daftar perangkat di aplikasi Fing tadi, di mana perangkat akan secara gamblang bernama "Router".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com