Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Instagram Ini Jarang Diketahui tapi Berguna

Kompas.com - 16/02/2021, 16:09 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang digandrungi banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Karena dibekali dengan sederet fitur, mungkin tak semua pengguna Instagram banyak yang mengetahui beberapa fitur lain yang ditawarkan.

Nah, kali ini KompasTekno akan merangkum sejumlah fitur tersembunyi Instagram yang jarang diketahui tapi bisa berguna. Kira-kira apa saja ya? Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyembunyikan status Online di Direct Message

Fitur Show Activity Status di InstagramKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Show Activity Status di Instagram

Instagram memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dapat melihat kapan terakhir pengguna lain membuka aplikasi Instagram. Keterangan waktu tersebut dimunculkan lewat fitur Direct Message.

Status "Online" menunjukkan bahwa pengguna tengah membuka aplikasi Instagram di foreground alias sedang dalam keadaan berjalan dan tampil di layar ponsel. Sementara "Last Seen" diartikan sebagai penanda waktu terakhir pengguna Instagram membuka aplikasi.

Baca juga: Teks di Instagram Stories Bisa Dibikin Bergerak, Begini Caranya

Bagi Anda yang ingin menyembunyikan status Online, Anda bisa mematikan opsi tersebut di menu pengaturan.

Caranya mudah, pilih menu Settings, lalu klik "Privacy". Scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Activity Status". Ketika diklik, nantinya akan ada Toggle "Show Activity Status" untuk menon-aktifkan status Online di Direct Message.

Perlu dicatat, jika menon-aktifkan opsi ini, maka Anda juga tidak bisa melihat status pengguna lain layaknya seperti di aplikasi WhatsApp.

2. Mengabaikan komentar dan pesan dari pengguna tertentu

Fitur Restrict di InstagramKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Restrict di Instagram

Instagram menawarkan fitur bernama "Restrict". Fitur ini memungkinkan Anda bisa memastikan bahwa pengguna lain tidak dapat melihat Anda ketika sedang online atau jika Anda telah membaca pesan dari mereka.

Komentar dari beberapa pengguna pun juga bisa dibatasi. Artinya, komentar mereka hanya akan terlihat oleh Anda dan orang tersebut. Namun, Anda masih bisa memilih untuk melihat komentar tersebut dengan mengetuk opsi "See Comment".

Baca juga: Awas, Ada Upaya Penipuan lewat DM di Instagram

Selain itu, Anda juga tidak akan menerima pemberitahuan apabila ada komentar atau pesan masuk yang dikirim oleh mereka. Artinya, dua pemberitahuan itu tidak akan masuk di kolom notifikasi.

Untuk membatasi beberapa pengguna di Instagram, Anda cukup membuka profil yang ingin Anda batasi. Setelah itu klik tiga titik di sudut kanan atas kemudian ketuk opsi "Restrict".

Secara otomatis, komentar mereka yang ada di posting Anda akan disembunyikan dan hanya bisa terlihat apabila komentar tersebut diklik oleh keduanya. Begitu juga dengan pesan masuk, mereka tidak dapat mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca atau tidak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com