Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta tentang Clubhouse, Medsos Baru yang Tengah Naik Daun

Kompas.com - 17/02/2021, 10:11 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, Clubhouse menjadi salah satu media sosial baru yang hangat dibicarakan orang-orang. Clubhouse merupakan aplikasi obrolan suara yang didirikan oleh Paul Davision dan Rohan Seth.

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan software Alpha Exploration Co dan dirilis pada Maret 2020 lalu.

Lewat aplikasi Clubhouse, pengguna bisa melakukan streaming audio, melakukan panggilan suara, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas mirip seperti podcast.

Sederhananya, Clubhouse merupakan platform untuk diskusi virtual dengan topik tertentu yang nantinya dapat disaksikan secara langsung oleh pengguna lainnya.

Tertarik ingin bergabung? Tunggu dulu. Berikut ini adalah lima fakta tentang Clubhouse yang perlu kalian ketahui sebelum bisa menjajal aplikasi ini.

1. Baru bisa digunakan di iOS

Saat ini, aplikasi Clubhouse hadir secara eksklusif utnuk sistem operasi iOS. Artinya, baru pengguna perangkat besutan Apple (iPhone, iPad, dan iPod Touch) saja yang bisa mengunduh aplikasi ini.

Pengguna iOS bisa mendapatkan aplikasi Clubhouse melalui toko aplikasi App store. Di samping itu, aplikasi ini hanya kompatibel di iOS 13 atau yang lebih baru.

Baca juga: Apa Itu Clubhouse, Medsos Baru yang Dipopulerkan Elon Musk

Menurut pantauan KompasTekno dari laman App Apple, aplikasi Clubhouse juga berada di posisi keenam sebagai jejaring media sosial populer di App Store, pada Selasa (16/2/2021) sore.

Aplikasi ini sudah dinilai oleh hampir 282 ribu pengguna Apple iOS dan mendapatkan rating 4.9.

2. Kapan hadir di Android?

Pengguna smartphone dengan sistem operasi Android tampaknya harus bersabar lebih lama untuk bisa mencicipi aplikasi ini.

Sebagaimana dihimpun dari laman resmi Clubhouse, dua pendirinya mengabarkan bahwa pihak mereka sudah mulai mengerjakan aplikasi Clubhouse untuk versi Android.

Namun, belum ada keterangan spesifik terkait proses atau jadwal perilisan Clubhouse versi Android. Kendati demikian, baik Davision dan Seth ingin Clubhouse menjadi aplikasi yang bisa digunakan oleh semua orang.

3. Harus punya undangan

Meski pengguna iOS dapat mengunduh aplikasi Clubhouse dari toko aplikasi, tidak ada jaminan bahwa mereka dapat langsung bergabung dengan aplikasi tersebut.

Mengapa demikian? Hal ini karena metode bergabung (join) unik yang diusung oleh Clubhouse.

Peminat yang belum memiliki akun harus mendapat undangan terlebih dahulu dari orang yang sudah menjadi anggota Clubhouse sebelumnya.

Baca juga: Zuckerberg Bikin Kejutan, Muncul Tiba-tiba di Medsos Clubhouse

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com