Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Fiber Optik Indonesia-Singapura Putus

Kompas.com - 19/02/2021, 18:50 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jaringan kabel fiber optik Indonesia ke arah Singapura mengalami gangguan. Kabel bawah laut yang membawa koneksi internet tersebut dilaporkan putus di salah satu segmen.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza, mengatakan masalah ini dialami salah satu kabel laut internasional. Gangguan terjadi di segmen Ancol-Bangka.

Baca juga: Mengenal Jaringan Kabel Bawah Laut, Jalan Tol Internet Dunia

"Salah satu kabel laut international ke arah Singapura terjadi cut di segmen Ancol-Bangka," kata Jamal kepada KompasTekno, Jumat (19/2/2021).

Ia tidak memberikan rincian sistem atau jaringan internet mana saja yang terkena dampak. Namun, Jamalul mengatakan masalah tersebut sudah terjadi sejak Jumat (19/2/2021) pagi.

Kendati demikian, menurut Jamalul, sudah dilakukan pengalihan rute (reroute) ke jalur lain. Meski begitu, saat ini masih terjadi kelambatan akses internet.

"Saat ini memang sudah dilakukan reroute, tetapi, memang beberapa masih terjadi kelambatan akses. Kejadiannya sudah dari tadi pagi," lanjut Jamalul.

Jamalul juga tidak menjelaskan penyebab putusnya kabel internet tersebut.

Koneksi MyRepublic dilaporkan bermasalah

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs Downdetector, sejumlah pengguna internet MyRepublic melaporkan terjadinya gangguan sejak Jumat (19/2/2021) pagi. Laporan tersebut sebagian besar berasal dari pengguna di wilayah Jakarta.

Belum diketahui apakah gangguan ini disebabkan oleh putusnya kabel fiber optik Indonesia-Singapura atau bukan. Pasalnya, di lini masa Twitter, sebagian kecil pengguna mengatakan sudah mengalami gangguan sejak beberapa hari lalu.

Baca juga: Bukan Jakarta, Internet Tercepat di Indonesia Ada di Kota Ini

KompasTekno pun sudah menghubungi pihak MyRepublic, namun, belum mendapatkan respon.

Baca juga: Trafik Internet Indonesia Melonjak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com