Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Serpihan Mesin Jatuh dari Langit, Pesawat Boeing B777 Dikandangkan

Kompas.com - 23/02/2021, 11:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Boeing

KOMPAS.com - Buntut insiden mesin terbakar di udara yang dialami maskapai United Airlines pada Sabtu (20/2/2021) lalu, Boeing selaku produsen pesawat B777 menyarankan semua maskapai tak mengoperasikan jenis pesawat tersebut, untuk sementara waktu.

Imbauan itu berlaku hanya untuk pesawat B777 yang menggunakan mesin buatan Pratt & Whitney, yaitu PW4000-112, mesin serupa dalam insiden United Airlines penerbangan UA328.

Saat ini, menurut Boeing, ada 69 pesawat B777 dengan mesin tersebut yang statusnya aktif. Sedangkan 59 pesawat lainnya berstatus disimpan.

“Sementara tim NTSB (otoritas mirip KNKT di AS) berkerja menginvestigasi, kami rekomendasikan menunda penggunaan pesawat B777 bermesin Pratt & Whitney 4000-112, hingga FAA mengidentifikasi protokol inspeksi yang dibutuhkan,” tulis Boeing.

Baca juga: Video Mesin Pesawat Maskapai AS Terbakar di Udara Beredar di Twitter

Sebelumnya, pesawat B777 dengan mesin serupa telah lebih dulu di-grounded oleh otoritas keselamatan penerbangan Jepang.

“Kami bekerja sama dengan regulator penerbangan mengambil langkah-langkah, sembari pesawat dikandangkan dan menunggu investigasi dilakukan oleh Pratt & Whitney,” dikutip KompasTekno dari situs resmi Boeing, Selasa (23/2/2021).

Pemasok mesin untuk pesawat B777 memang bukan hanya satu pabrikan saja. Selain Pratt & Whitney, ada juga General Electric (GE) dan Rolls Royce.

Di Indonesia, operator B777 adalah Garuda Indonesia. Varian yang dioperasikan oleh maskapai tersebut adalah B777 dengan mesin pasokan General Electric, sehingga tidak termasuk dalam imbauan yang dikeluarkan Boeing ini.

Mesin terbakar di udara, serpihannya berjatuhan

Sebelumnya, Pesawat Boeing 777-200 milik maskapai United Airlines (Amerika Serikat), mengalami insiden yang serius di tengah penerbangan. Mesin kanan pesawat (nomor 2) tersebut meledak dan terbakar.

Pesawat dengan nomor penerbangan UA328 itu berhasil mendarat dengan selamat di bandara Internasional Denver, AS pada Sabtu (20/2/2021) waktu setempat.

Baca juga: Pesawat Boeing B737 MAX Resmi Boleh Terbang Lagi

United Airlines flight UA328 adalah penerbangan rute Denver-Honolulu. Pesawat lepas landas dari Denver pada Sabtu (20/2/2021) pukul 13.00 waktu setempat, atau Minggu (21/2/2021) dinihari WIB.

Tak berapa lama setelah takeoff, mesin kanan pesawat meledak dan terbakar. Serpihan penutup mesin berjatuhan dari langit dan dilaporkan menimpa pemukiman penduduk.

Mesin yang meledak dan terbakar, yang dipakai oleh pesawat tersebut adalah jenis Pratt & Whitney seri PW4000.

Boeing 777-200 United Airlines kemudian putar balik, dan mendarat kembali di bandara Denver 30 menit setelah kejadian.

Belum diketahui penyebab meledaknya mesin B777 United Airlines ini. Pihak berwenang sedang mengumpulkan informasi untuk memulai investigasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boeing
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com