Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Tersembunyi Spotify yang Wajib Diketahui

Kompas.com - 23/02/2021, 20:04 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Spotify merupakan aplikasi populer yang digunakan untuk mendengarkan lagu atau podcast. Layanan streaming musik ini pertama kali masuk Indonesia pada 2016 lalu.

Kehadiran aplikasi Spotify tentu memudahkan pengguna untuk mencari lagu-lagu populer dengan cepat. Selain itu, Spotify juga hadir dengan beragam fitur, baik untuk versi gratis maupun premium.

Akan tetapi, tidak sedikit pengguna belum menggunakan fitur yang ada di Spotify secara optimal. Mungkin karena pengguna merasa tidak perlu, atau bahkan belum mengetahui adanya fitur tersebut.

Nah, untuk itu, KompasTekno merangkum sebanyak lima fitur di Spotify yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh pengguna.

1. Menambahkan lagu dari ponsel atau laptop ke playlist

Memasukan lagu dari media penyimpanan smartphone dan laptop ke aplikasi SpotifyKOMPAS.com/ConneyStephanie Memasukan lagu dari media penyimpanan smartphone dan laptop ke aplikasi Spotify
Ingin mendengarkan lagu favorit tapi tidak ada di Spotify? Tak perlu khawatir, Anda juga bisa menambahkan lagu dari ponsel atau laptop langsung ke dalam playlist.

Caranya gampang, buka aplikasi aplikasi Spotify versi desktop. Pilih menu Preferences lalu scroll ke bawah hingga menemukan opsi Local Files.

Ketika diklik, nantinya akan muncul pilihan "Add a Source" untuk memasukkan lagu dari folder penyimpanan musik yang ada di perangkat laptop maupun komputer.

Tentu, Anda harus mengaktifkan fitur "Show Local Files" terlebih dahulu lewat toggle yang tersedia. Setelah musik ditambahkan, Anda bisa melihatnya di bagian Local Files yang berada di side bar sebelah kiri.

Baca juga: Spotify Rilis Paket Premium Mini di Indonesia, Harga Mulai Rp 2.500 Per Hari

2. Mengembalikan playlist yang terhapus

Fitur Recover Playlist yang ada di aplikasi SpotifyKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Recover Playlist yang ada di aplikasi Spotify
Spotify memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya bisa mengembalikan playlist yang tidak sengaja terhapus.

Caranya, Anda cukup masuk ke halaman profil. Setelah itu, pilih opsi "Recover Playlists" yang ada di sisi kiri layar.

Kemudian Anda pilih playlist mana yang ingin dipulihkan dengan cara mengklik opsi "Restore" agar kembali seperti semula.

3. Mencari lagu tahun tertentu

Mencari lagu di Spotify berdasarkan tahunKOMPAS.com/ConneyStephanie Mencari lagu di Spotify berdasarkan tahun
Anda ingin mencari lagu dari periode waktu tertentu? Nah, di Spotify, Anda bisa menambahkan kata "Year" untuk mengubah hasil pencarian.

Misalnya Anda ingin mendengarkan lagu Coldplay dari tahun 2002 sampai 2005. Anda cukup mengetik nama Coldplay di kolom search bar Spotify lalu tambahkan keyword "year:2002-2005" tanpa spasi.

Nantinya, akan muncul hasil pencarian berupa lagu dan album Coldplay yang dirilis antara tahun 2002 dan 2005.

Baca juga: Mirip Instagram dan Twitter, Spotify Juga Punya Fitur Stories

4. Mengatur kualitas audio

Mengatur kualitas audio di aplikasi SpotifyKOMPAS.com/ConneyStephanie Mengatur kualitas audio di aplikasi Spotify
Spotify juga memiliki fitur untuk mengatur kualitas audio dari lagu yang di dengarkan. Fitur ini cocok buat pengguna yang takut kehabisan kuota saat mendengarkan lagu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com