Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Hasil Jepretan Oppo Reno5 5G, Sebagus Apa?

Kompas.com - 02/03/2021, 12:07 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi memasarkan ponsel terbarunya dari keluarga Reno Series, Reno5 5G di Indonesia sekitar awal Februari lalu. Ponsel tersebut dijual dengan harga Rp 7 juta dan memiliki konfigurasi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Salah satu fitur andalan Reno5 5G adalah kameranya. Di punggung ponsel ini terdapat empat kamera yang disusun secara vertikal dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera mono 2 MP (f/2.4) untuk kinerja pemotretan mode portrait.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.4) yang dimuat dalam sebuah punch hole.

Untuk menunjang kinerja fotografi, kamera Reno5 5G juga dibekali dengan kecerdasan buatan (AI), seperti AI Portrait Beautification, AI Beautification, HDR, Night Mode, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Oppo Reno5 Dijual Sepasang dalam Satu Kotak Edisi Khusus, Ini Bonusnya

Lantas, bagaimana hasil jepretan kamera ponsel 5G perdana dari Oppo di Tanah Air ini? Secara keseluruhan, foto yang dihasilkan deretan kamera Reno5 5G terbilang cukup bagus.

Hasil foto kamera 64 MP mode normal di Oppo Reno5 5G di siang hari. Bisa dilihat, detail warna daun dan batu yang ada di dalam foto tampak menyerupai dengan aslinya. Tingkat ketajaman gambar juga terbilang bagus karena foto diambil dalam kondisi pencahayaan yang terang.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 64 MP mode normal di Oppo Reno5 5G di siang hari. Bisa dilihat, detail warna daun dan batu yang ada di dalam foto tampak menyerupai dengan aslinya. Tingkat ketajaman gambar juga terbilang bagus karena foto diambil dalam kondisi pencahayaan yang terang.
Ketika memotret kondisi cukup cahaya dalam mode normal, misalnya, kamera utama 64 MP ponsel ini mampu menangkap warna dan detail obyek dengan cukup jelas, seperti pada gambar di atas.

Selain itu kamera utama Reno5 5G juga memiliki mode 64 MP. Mode ini bisa digunakan untuk menjepret foto dengan resolusi penuh sebesar 64 MP tanpa pixel binning. Hasilnya adalah foto yang berukuran jauh lebih besar sekaligus lebih tajam.

Ketika dijajal, mode 64 MP ini sekilas tampak tak jauh berbeda dengan mode normal, baik dari segi detail foto dan warnanya.

Ketika hasil jepretan diperbesar (zoom), detail foto terlihat lebih kaya dibandingkan mode default dengan pixel-binning yang menghasilkan gambar beresolusi 16 MP .

Hasil foto mode 64 MP di Oppo Reno5 5G. Tampak obyek aneka bangunan bisa ditangkap dengan detail yang cukup tajam, meski kondisi sekitar sedikit mendung. Beragam detail foto, seperti jendela, pohon, tembok, dan lain sebagainya juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto mode 64 MP di Oppo Reno5 5G. Tampak obyek aneka bangunan bisa ditangkap dengan detail yang cukup tajam, meski kondisi sekitar sedikit mendung. Beragam detail foto, seperti jendela, pohon, tembok, dan lain sebagainya juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas.
Pada saat memotret suasana minim cahaya, kamera Reno5 5G juga bisa terbilang bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebab, ponsel ini dibekali dengan fitur Night Mode yang diklaim dapat menghasilkan hasil gambar yang terang meski diambil di lingkungan dengan cahaya yang kurang.

Meski demikian, jika kondisi pencahayaan sangat minim, ponsel ini belum bisa menangkap seluruh obyek dalam lingkungan tersebut dengan baik.

Hasil fotonya bisa dilihat di perbandingan foto antara penjepretan mode normal dan mode malam di gambar berikut.

Hasil foto kamera 64 MP Oppo Reno5 5G untuk pemotretan mode malam. Bisa dilihat, dua foto di sebelah kanan tampak lebih jelas dibanding dua foto di sebelah kiri, meski kondisinya sama. Hal ini disebabkan oleh fitur Night Mode yang memungkinkan kamera menggabungkan beberapa foto agar foto yang dihasilkan tampak terlihat terang. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 64 MP Oppo Reno5 5G untuk pemotretan mode malam. Bisa dilihat, dua foto di sebelah kanan tampak lebih jelas dibanding dua foto di sebelah kiri, meski kondisinya sama. Hal ini disebabkan oleh fitur Night Mode yang memungkinkan kamera menggabungkan beberapa foto agar foto yang dihasilkan tampak terlihat terang.
Terlepas dari kamera utama, tiga kamera belakang lainnya juga bisa digunakan untuk beragam mode pemotretan sesuai jenis kamera.

Baca juga: Oppo Bersiap Rilis Reno5 Edisi Khusus di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com