Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek, Tokopedia dkk Dirayu agar Melantai di Bursa Saham Indonesia

Kompas.com - 03/03/2021, 18:14 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Startup unicorn asal Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, hingga Traveloka tengah dirayu oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) agar mau melantai di bursa saham Tanah Air.

Menurut Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi, ia telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah startup tersebut.

Inarno mengatakan, BEI sejatinya menyediakan tempat bagi startup dan UMKM untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO). Hal tersebut merupakan inisiatif BEI sejak beberapa tahun belakangan.

"Kami sudah berbicara dengan unicorn-unicorn untuk segera me-listing saham (di BEI). Kami sudah meeting beberapa kali dengan mereka dan membicarakan tentang apa yang bisa kami support untuk mereka bisa listing," kata Inarno dalam MNC Group Investor Forum 2021 secara virtual, Selasa (2/3/2021).

Inarno menambahkan, pihaknya juga akan menawaran dukungan bagi startup yang ingin mencatatkan namanya di bursa. Hal itu pun sudah disampaikan kepada startup unicorn terkait.

Baca juga: Tokopedia Incar Pendanaan Rp 20 Triliun sebelum IPO

"Kami memiliki main board, development board, dan yang terakhir adalah acceleration board yang (bisa) digunakan untuk mengakomodasi startup dan SME (small-medium enterprise). Itu adalah inisiatif kami," lanjut Inarno.

Sebelumnya, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna mengatakan akan ada 3 startup yang bakal IPO tahun ini.

Jika berjalan sesuai rencana, menurut Nyoman, ketiga perusahaan tersebut diperkirakan akan melakukan IPO paling cepat kuartal pertama 2021 ini.

Berdasarkan data BEI tanggal 11 Februari 2021, terdapat 25 perusahaan dalam proses evaluasi pencatatan saham di BEI (pipeline) dengan tiga di antaranya merupakan perusahaan dari sektor teknologi.

Isu merger

Selain kabar soal IPO, isu yang hangat diperbincangkan adalah rencana merger dua start up unicorn di Indonesiayakni Gojek dan Tokopedia.

Setelah bergabung, entitas hasil gabungan keduanya disinyalir akan segera melakukan initial public offering atau penawaran saham perdana di bursa saham di Jakarta (Indonesia) dan Amerika Serikat.

Baca juga: Kesepakatan Merger Gojek-Tokopedia Sudah di Depan Mata?

Pada pertengahan Februari lalu, sumber yang berbicara kepada Bloomberg mengatakan bahwa perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia itu ditargetkan bisa memperoleh valuasi hingga 40 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 560 triliun di pasar saham.

Konon ada beberapa skenario yang dipertimbangkan terkait timing merger dan IPO keduanya.

Kalau bukan merger sebelum melakukan IPO, Tokopedia bisa terlebih dahulu masuk bursa Jakarta lalu merger dengan Gojek, sebelum perusahaan hasil gabungan tadi melakukan IPO di bursa AS.

Penulis: Fika Nurul Ulya
Editor : Yoga Sukmana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com