Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Klasik Pac-Man dan Dig Dug Bakal Bisa Dimainkan di Pesawat

Kompas.com - 04/03/2021, 14:09 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game-game retro semacam Pac-man, Dig Dug, dan Galaga, tak lama lagi bakal bisa dimainkan di tengah penerbangan. Asalkan, pesawat maskapai tersebut menggunakan perangkat in-flight entertainment (IFE) dari Panasonic.

Hal ini dimungkinkan setelah Panasonic Avionic menandatangani kesepakatan dengan produsen game Jepang, Bandai Namco, untuk menghadirkan koleksi game-game lawas tersebut ke dalam IFE yang disediakan Panasonic.

Baca juga: Pesawat Superjumbo Airbus A380 Terakhir Telah Keluar dari Pabrik

IFE adalah perangkat hiburan penumpang di tengah penerbangan, yang terpasang di tiap kursi masing-masing di dalam pesawat. Selain game, IFE biasanya juga menyediakan koleksi film, serial TV, musik, serta informasi seperti in-flight map.

Kebanyakan IFE memang sudah memiliki koleksi game, namun judul-judul game tersebut selama ini kurang menarik, seperti Solitaire, Bejeweled, atau Sudoku. Hadirnya game klasik buatan Bandai Namco, diharapkan makin menambah minat penumpang untuk bermain.

Perangkat IFE Panasonic di kursi pesawat.Panasonic Avionic Perangkat IFE Panasonic di kursi pesawat.

Bandai Namco Entertainment Inc. sendiri memiliki beragam produk dan layanan yang menjangkau audiens di seluruh dunia dalam hal konten jaringan, software video game, dan hiburan.

Salah satu maskapai Indonesia yang menggunakan IFE dari Panasonic adalah maskapai Garuda Indonesia di beberapa armada pesawat widebody Boeing 777-300ER.

Baca juga: Boeing Beri Peringatan ke Pilot Pasca Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182

Maskapai lain di dunia yang juga menggunakan solusi IFE Panasonic antara lain adalah Air China, All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific Airways, China Airlines, EVA Air, Hong Kong Airlines, Japan Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways dan Xiamen Airlines.

"Industri game adalah salah satu yang tumbuh signifikan di tengah pandemi Covid-19, ini artinya game memiliki nilai bagi konsumen global," kata Ken Sain, Chief Executive Officer of Panasonic Avionics Corporation, dihimpun KompasTekno dari situs resmi Panasonic, Kamis (4/3/2021).

Sementara Naoki Katashima, Managing Director Bandai Namco Entertainment, berharap buah kerja sama Bandai dan Panasonic ini akan bisa dinikmati para penumpang saat pandemi Covid-19 berakhir dan situasi penerbangan kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com